Sukses

Bolehkah Makan Menggunakan Tangan Kiri?

Tangan kiri jarang dipergunakan orang untuk makan. Tapi ternyata ada juga manfaat menggunakan tangan kiri untuk makan

Liputan6.com, Jakarta Meski budaya Timur tidak menganjurkan penggunaan tangan kiri untuk makan, namun beberapa peneliti menemukan manfaat makan menggunakan tangan kiri terkait dengan kebersihan dan penyebaran kuman. 

Umumnya, bersalaman selalu menggunakan tangan kanan. Supaya kuman tidak menyatu di dalam makanan yang akan disantap, dianjurkan menggunakan tangan kiri untuk makan jika Anda menggunakan tangan kanan untuk bersalaman. Juga berlaku sebaliknya. 

"Jika saya ada di sebuah acara sosial, saya selalu bersalaman menggunakan tangan tangan, dan makan menggunakan tangan kiri saya," kata Dr Lisa Ackerley dikutip dari situs Daily Mail, Selasa (20/10/2015).

Penasihat keamanan pangan untuk Royal Society for Public Health di London, Inggris, menjelaskan, tangan adalah sumber penyebaran kuman dan bakteri di tubuh manusia. Seperti bakteri e-coli, norovirus, dan campylobacter. 

Menurut Lisa, menggunakan tangan yang berbeda untuk bersalaman dan untuk makanan mengurangi kemungkinan perpindahan bakteri ke dalam mulut kita. Namun, jangan lupa, cucilah tangan sebelum menghadiri sebuah pesta, baik menggunakan air yang mengalir atau cairan pembersih tangan.

"Sebelum melakukan apa-apa, saya selalu menyuci tangan terlebih dahulu. Itu dilakukan untuk membunuh virus atau bakteri yang bisa menyebabkan flu atau pilek," kata Lisa menekankan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.