Sukses

Sarapan yang Ringkas Namun Bergizi bagi Anak

Bagaimana sarapan yang baik untuk anak?

Liputan6.com, Jakarta Obesitas pada anak dapat dicegah dengan rutin sarapan sebelum berangkat ke sekolah. Sarapan yang bergizi di pagi hari dapat meningkatkan kosentrasi dan daya ingat yang membantu mereka meningkatkan prestasi di sekolah.

Sarapan yang baik harus memenuhi semua asupan nutrisi yang dibutuhkan anak. Mulai dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Fiastuti Witjaksono menjelaskan, karbohidrat dan lemak merupakan sumber tenaga, protein membantu pertumbuhan tulang anak, vitamin dan mineral yang berasal dari buah-buahan menyehatkan sistem pencernaan mereka.

"Jika orangtua tidak memiliki waktu untuk memasak sarapan buat anak, mengonsumsi sereal dengan susu juga dapat memenuhi kebutuhan akan sarapan bergizi anak usia sekolah," kata Fiastuti dalam diskusi media bersama Rainbow Hoops di Kawasan Senayan, Kamis (1/10/2015)

Untuk memenuhi asupan vitamin dari buah-buahan, orangtua dapat mencampurkan sereal dan susu dengan buah pisang. "Tak perlu banyak-banyak. Cukup semangkuk kecil sereal dicampur susu, lalu masukkan potongan buah pisang setengah porsi ke dalamnya. Anak kenyang, dan keinginan mereka untuk jajan akan berkurang," kata Fiastuti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini