Sukses

Olahraga yang Paling Baik, Ya Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga. Karena itu, penting diketahui juga jenis-jenis olahraga termasuk manfaat di baliknya.

Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga, Michael Triangto olahraga terbagi dalam aerobik dan anaerobik. Olahraga aerobik itu seperti jogging, berenang, dan bersepeda.

"Olahraga aerobik berfungsi untuk melatih otot jantung dan paru. Hal ini membuat jalan lebih kuat, tidak gampang lelah, membakar gula dan lemak lebih banyak. Hal ini bisa meminimalkan beberapa penyakit seperti jantung dan diabetes," terang dokter yang berpraktek di RS Mitra Kemayoran Jakarta saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Rabu (9/9/2015).

Sedangkan olahraga anaerobik berfungsi untuk melatih otot-otot badan. Ini membuat tubuh tidak mudal lelah, lebih mudah berjalan, dan penampilan lebih menarik.

Lalu, lebih baik pilih jenis olahraga yang mana? "Hidup kita tidak mungkin monoton. Lebih baik gabung keduanya," tutur dokter Michael.

Paling tidak secara umum kita bisa berolahraga sekitar tiga kali seminggu dengan durasai 30 menit intensitas sedang. Tapi penting juga untuk diperhatikan, bila tujuan sehat ingin dicapai pastikan kita berolahraga dengan teratur, terukur, terprogram dan berkesinambungan.