Sukses

Pameran Hewan Kesayangan Terbesar Bakal Digelar September 2015

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki hewan kesayangan, ada info menarik. Pada 11-13 September 2015, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) akan mengadakan Indo Pet Expo 2015 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong.

Acara yang berlangsung tiga hari ini rencananya akan menjadi pameran hewan kesayangan pertama dan terbesar se-Indonesia. Yang tak boleh Anda lewatkan, pengunjung akan dipertemukan dengan berbagai pihak, mulai dari komunitas pencinta hewan, dokter hewan, klinik dan rumah sakit hewan, petshop, salon hewan, serta para penyedia pakan dan obat-obat hewan. 

Ketua Umum PDHI, Dr. Drh Heru Setijanto PAVet (K) mengatakan, pameran ini akan berbeda karena sebelumnya pameran hanya berpaku pada satu jenis hewan saja. Tapi kali ini PDHI akan mewujudkan dunia hewan peliharaan secara menyeluruh, yang dilakukan secara serius dan besar-besaran serta melibatkan industri pendukungnya.

"Misi utama kami adalah mengedukasi masyarakat. Kita mengetahui banyak orang sudah terbiasa hidup bersama dengan hewan kesayangan di rumah, namun ada banyak hal terkait cara memelihara dan aspek kesehatan yang harus dipahami agar kita merasa nyaman dengan keberadaan hewan disekitar kita," katanya. 

 

 

2 dari 2 halaman

Konsultasi Pakar

Konsultasi Pakar

Ada kesalahan umum yang kerap terjadi di masyarakat umum. Misalnya, penyelenggaraan cat show atau dog show. Bagi pemiliknya, mungkin mendadani hewan adalah kompetisi yang lucu dan menyenangkan. Tapi tahukah Anda kalau menurut prinsip animal welfare atau kesejahteraan hewan (kesrawan) cara ini keliru.

"Kali ini kami ingin mengadakan dengan cara yang benar, kita manusia sering memperlakukan hewan secara berlebihan yang belum tentu disukai hewan. Diberi baju dan memperlakukan hewan seperti manusia, anthropomorphism akan membuat hewan tidak nyaman," ujar dosen lulusan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor ini, seperti dikutip dari surat elektronik, Kamis (30/7/2015).

Untuk memenuhi kebutuhan penggemar hewan serta para penyedia jasa tersebut, maka dalam Indo Pet Expo akan ada berbagai kontes pet animals, seperti kelinci, kucing, biawak, ular, sugar glider, iguana dan lain-lain.

Ketua panitia Drh. Wiwiek Bagja mengatakan, kehadiran hewan kesayangan dalam event ini terdiri dari empat bentuk, yakni educational talk, contest, display dan jual beli. Dog show akan menampilkan pertunjukan ketangkasan, agility show. "Masyarakat juga bisa melihat anjing yang dipakai untuk memberantas narkoba, serta menghadapi demonstrasi massa."

"Ada pula seminar untuk umum dan khusus yang disediakan bagi para dokter hewan sebagai sarana continuing professional development. Semuanya bertujuan untuk awam bertemu para pakar dan praktisi kesehatan hewan dan konsultasi tidak dipungut biaya," ungkapnya.

Anda yang tertarik mengikuti educative talk show, cukup sediakan Rp 25.000 untuk tiket masuk di lokasi pameran dan semua acara talk show bisa diikuti gratis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video