Sukses

Ingin Cegah Penyakit Jantung? Wanita Sebaiknya Lakukan 6 Hal Ini

Liputan6.com, New Delhi Sekitar tiga perempat serangan jantung pada wanita muda dapat dicegah bila mempraktikkan gaya hidup sehat seperti yang diungkapkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology.

Gaya hidup sehat tersebut meliputi: tidak merokok, menjaga indeks massa tubuh normal, berolahraga minimal dua setengah jam per minggu, membatasi menonton televisi maksimal tujuh jam per minggu, maksimal minum minuman beralkohol satu gelas per hari serta diiringi dengan pola makan sehat.

Hasil studi ini diketahui setelah peneliti yang berasal dari Indiana University of Public Health, Amerika Serikat melakukan analisis selama dua dekada yang diikuti hampir 70.000 wanita 

Selama penelitian ada 456 wanita mengalami serangan jantung dan 31.691 wanita didiagnosis dengan satu atau lebih faktor risiko penyakit kardiovaskular, termasuk diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi atau tingkat tinggi kolesterol darah.

Namun, wanita yang mempraktikkan enam gaya hidup sehat memiliki risiko 92 persen lebih rendah dari serangan jantung dan 66 persen lebih rendah mengembangkan penyakit jantung dan lainnya.

 

Baca Juga:

3 Hal yang Perlu Dilakukan Usai Kena Serangan Jantung

Cerai, Bikin Wanita Rentan Kena Serangan Jantung