Sukses

Stres Memikirkan Keuangan, Wanita Bisa Rentan Serangan Jantung

Liputan6.com, New York- Dalam kehidupan rumah tangga, istri biasanya yang bertugas mengatur keuangan keluarga. Namun awas, jangan sampai stres akibat pusing memikirkan masalah keuangan. Menurut penelitian jangka panjang yang dilakukan Women's Health Study, kondisi ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung pada wanita.

Untuk mendapatkan kesimpulan seperti di atas, peneliti melakukan survei jangka panjang terhadap partisipan selama rata-rata sembilan tahun terhadap 267 wanita yang rata-rata usianya 56 tahun dan sering menderita serangan jantung.

Sebagai perbandingan, peneliti memeriksa wanita dengan yang memiliki kebiasaan merokok namun tidak mengalami serangan jantung.

Partisipan yang terlibat mengungkapkan penyebab stres yang terjadi kepada peneliti selama lima tahun terakhir seperti kecelakaan, kehilangan pekerjaan, pasangan selingkuh, anak atau suami meninggal.

Ternyata, mereka yang memiliki masalah keuangan dua kali lipat berisiko terkena serangan jantung. Terutama wanita yang memiliki pendapatan rendah rentan terkena penyakit jantung seperti dilansir Live Science, Rabu (6/5/2015).

Selain itu, pengalaman traumatik seperti sakit parah atau kematian pasangan dan anak, juga meningkatkan risiko serangan jantung sampai 65 persen.

 

Baca Juga:

Lakukan Ini Bila Tiba-tiba Ada yang Kena Serangan Jantung

Cerai, Bikin Wanita Rentan Kena Serangan Jantung