Sukses

9 Manfaat Masturbasi

Liputan6.com, New York- Mendengar kata masturbasi kerap membuat banyak orang tutup kuping karena dianggap sebagai sesuatu yang buruk. Namun banyak pakar yang menyatakan bahwa aktivitas seksual yang merangsang diri sendiri ini memiliki banyak manfaat tak terduga bagi kesehatan.

Misalnya pendapat dari Associate Professor of Obstetrics and Gynecology di Northwestern University, Dr. Lauren Streicher menyatakan bahwa masturbasi dapat membuat mudah tidur, mengurangi stres, hingga nyaman dengan diri sendiri.

Selengkapnya, berikut manfaat masturbasi seperti dilansir dari Huffington Post, Rabu (6/5/2015).

1. Buat lebih bahagia
"Saat menyenangkan diri sendiri dengan masturbasi membuat seseorang merasa lebih baik. Karena masturbasi dapat membuat orgasme dan orgasme membuat tubuh melepaskan hormon endorfin, dopamin dan oksitosin yang dapat meningkatkan suasan ahati jadi lebih baik," terang Streicher.

2. Nyaman dengan tubuh sendiri
Dengan menjelajahi tubuh sendiri seseorang bisa mengenalinya terutama bagi wanita. "Hal ini penting karena dengan menjelajahi tubuh dengan masturbasi, wanita dapat menghargai anatomi tubuh dan merasakan kesenangan di dalamnya," tutur Streicher.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan gairah

3. Meningkatkan gairah kehidupan seks
Siapa bilang sudah memiliki pasangan tak butuh masturbasi. Dengan menjelajahi tubuh dan mencari titik-titik yang dapat membuat Anda bergairah, pada saat bercinta dengan pasangan bisa mengungkapkan kepadanya untuk mengkesplorasi daerah tersebut.

4. Tidur lebih nyenyak
"Orgasme dapat meredakan ketegangan sehingga dapat tidur lebih nyenyak. Tidak sedikit orang yang merasakan tidur lebih nyenyak gara-gara masturbasi sebelumnya," terang Streicher.

5. Cara untuk melepaskan ketegangan seksual
Terkadang muncul keinginan untuk bercinta, dan masturbasi adalah cara yang baik untuk melepaskan libido.

3 dari 3 halaman

Mengurangi Nyeri Haid

6. Mengurangi nyeri haid
Streicher mengungkapkan sebuah penelitian meski relatif terbatas mengenai manfaat masturbasi saat menstruasi. Menurutnya rangsangan saat menstruasi dapat membantu darah haid keluar lebih cepat dan secara teoritis dapat membantu mengatasi kram.

7. Mengurangi stres
Stimulasi diri dengan masturbasi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres. Tidak harus seksual bisa juga dengan yoga maupun pijat.

8. Bisa dapatkan orgasme multiple
Karena tidak ada pasangan, Anda bebas untuk merangsang diri hingga beberapa kali mendapatkan orgasme.

9. Masturbasi tidak ada ruginya
Asalkan aktivitas ini tidak berlebih dan tidak mengganggu aktivitas pada umumnya menurut Streicher tidak memiliki dmapak negatif. Tidak akan hamil dan tidak mengalami kesakitan.