Sukses

Kunyit Cegah Terjadinya Kanker Mulut?

Liputan6.com, Jakarta Studi yang ditulis peneliti dari India, Alok Mishra, mengatakan kunyit membantu seseorang terhindar dari kanker mulut yang disebabkan virus. Di dalam sebatang kunyit terdapat bahan aktif berupa antioksidan yang disebut curcumin yang memiliki efek menekan aktivitas human papillomavirus (HPV).

"Kunyit juga memiliki sifat antivirus dan anti kanker," kata Alok yang merupakan lulusan Universitas Emory, Atlanta, Amerika Serikat dikutip Health Me Up pada Senin (27/4/2015). Dan menurut penemuan terbaru yang dilakukan Alok dan tim, kunyit baik untuk kesehatan mulut.

HPV, jelas dia, adalah virus yang menyebabkan perkembangan kanker serviks dan mulut. Tidak ada obat untuk penyakit ini, tapi temuan baru ini menunjukkan kurkumin yang terdapat di dalam kunyit dapat menawarkan alat kontrol masa depan.

Penelitian baru menunjukkan, ternyata kurkumin dapat menurunkan pengekspresian HPV pada sel kanker mulut yang terinfeksi oleh sejumlah faktor. Penelitian ini sendiri telah diterbitkan ke dalam jurnal ecancermedicalscience.

Anda bisa mengolahnya secara sederhana. Ambil seruas jari kunyit, bersihkan dan kupas kulitnya. Setelah itu diparut dan peras kunyit. Anda bisa tambahkan sesendok teh air. Campur air kunyit dengan garam dan madu, lalu minum. Minumlah sehari sekali. Untuk perempuan minum seminggu dua kali saja karena kunyit bisa mengeringkan rahim.