Sukses

Sembelit? Mungkin Anda Kurang Magnesium

Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dapat mengatasi sembelit.

Liputan6.com, Jakarta Minum banyak air, mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, mengurangi asupan makanan olahan, dan makan makanan berserat tinggi adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi konstipasi atau sembelit. Namun bagaimana jika langkah-langkah tersebut tak membuahkan hasil?

Dikutip dari Mind Body Green, Rabu (22/4/2015), mengonsumsi suplemen magnesium sebelum tidur malam bisa jadi jawabannya. 

Mengapa Magnesium Ampuh Atasi Konstipasi?

Pertama, magnesium bisa meningkatkan kadar air dalam pencernaan dan membantu sistem peristalsis serta melembekkan kotoran. Kedua, magnesium mengurangi ketegangan otot pencernaan sehingga otot kolon dapat berfungsi lebih baik. 

Magnesium adalah mineral penting yang diperlukan tubuh

Selain bisa mengatasi sembelit, magnesium diperlukan agar otot, detak jantung, tekanan darah, sistem imun, dan kadar gula darah Anda tetap dalam kondisi baik. 

Makanan yang kaya akan kandungan magnesium

Jumlah asupan kalsium yang disarankan untuk orang dewasa adalah 310 mg sampai 420 mg per hari. Berikut daftar makanan yang tinggi kandungan magnesium:

Almond - 1 ons = 80mg

Sayuran berwarna hijau pekat - 1/2 cangkir = 78mg

Kacang mete - 1 ons = 74 mg

Kacang hitam - 1/2 cangkir = 60mg

Alpukat - 1 cangkir = 44mg

Nasi dari beras cokelat - 1 cangkir = 42mg

Pisang - 1 buah = 32mg

Salmon - 3 ons = 26mg 

Suplemen magnesium bisa berfungsi sebagai pencahar

Bila mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium belum cukup untuk mengatasi sembelit, cobalah minum suplemen magnesium. Anda bisa mencoba dengan dosis terendah dan tingkatkan sesuai kebutuhan. Kurangi dosis atau hentikan meminum suplemen magnesium jika kotoran Anda menjadi terlalu lembek.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sembelit dikenal juga dengan istilah konstipasi. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan gangguan atau masalah pada sistem pencernaan

    Sembelit