Sukses

Berhenti Merokok Bikin Anda Gemuk, Itu Bohong

Hasil riset berkata bahwa berhenti merokok tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Liputan6.com, New York- Mungkin Anda kerap mendengar alasan atau keluhan berhenti merokok  bisa membuat badan menggemuk. Anda percaya dengan hal itu? Kalau percaya, hasil riset berikut berkata lain. Berhenti merokok disebutkan tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Para peneliti meminta kepada partisipan untuk berhenti merokok selama delapan minggu dibantu terapi dan obat-obatan. Lalu, meminta perokok menghentikan aktivitasnya selama 16 minggu tanpa bantuan apa pun seperti dilansir Men's Health, Kamis (8/4/2015).

Hasilnya, para  perokok ini berhasil mengurangi 8-1 batang rokok per hari dan tidak terjadi kenaikan berat badan pada tubuh mereka seperti yang diungkapkan penulis studi utama Theodore Friedman dalam paparannya di Endocrine Society Meeting, 5-8 Maret 2015 di Colorado, San Diego, Amerika Serikat.

Meski tidak menemukan hubungan antara berhenti merokok dan kenaikan berat badan, banyak mantan perokok menyatakan keinginannya untuk makan lebih banyak. Agar tak meningkatkan lemak di tubuh, para ilmuwan menyarankan agar Anda mengatasi keinginan makan dengan mengunyah sesuatu yang tidak mengandung lemak misalnya permen karet.

 

Baca juga:

Kapan Waktu yang Tepat bagi Perempuan untuk Berhenti Merokok?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini