Sukses

RS Tidak Higienis, Setengah Juta Bayi Meninggal Per Tahunnya

Air yang tidak bersih dan sanitasi buruk sebabkan banyak bayi meninggal pada awal kehidupannya.

Liputan6.com, Jakarta Gara-gara kurangnya air bersih dan sanitasi yang baik di rumah sakit, setiap tahunnya terdapat setengah juta bayi meninggal dunia sebelum mencapai usia satu bulan di seluruh dunia berdasarkan laporan dari Water Aid dan World Health Organization.

Lebih dari sepertiga rumah sakit dan klinik di negara-negara berkembang tidak memiliki tempat mencuci tangan dengan sabun dan sekitar 40 persen tidak memiliki sumber air yang sehat menurut World Health Organization (WHO).

"Kemampuan rumah sakit dan klini untuk menjaga kebersihan adalah kebutuhan sangat mendasar dalam kesehatan. Hal ini termasuk fasilitas mengenai air bersih yang mengalir serta sanitasi yang baik untuk melayani pasien," teran chief executive dari Water Aid, Barbara Frost seperti dilansir Fox News, Rabu (18/3/2015).

"Sehingga ketidakhigienisan harus dihindari, jangan sampai bayi yang baru lahir harus meninggal di awal kehidupannya," ungkapnya lagi.
Kondisi tidak higienis ini menyebabkan aneka penyakit bahkan wabah seperti kolera di Kongo, Haiti, Tanzania dan Sudan Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini