Sukses

Pasca Operasi, Sakit Jantung Bisa Kambuh Lagi?

Setelah menjalankan prosedur pemasangan ring atau bypass, apakah setiap orang masih berisiko terkena penyakit jantung?

Liputan6.com, Jakarta Setelah menjalankan prosedur pemasangan ring atau bypass, apakah masih berisiko terkena penyakit jantung? Pertanyaan ini kerap membuat ragu pasien jantung bila ingin melakukan pengobatan dengan metode ini.

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari RS Pertamedika Sentul, dr Hasril Hadis, SpJP(K), FIHA menyebutkan,  walaupun pasien jantung telah melakukan pemasangan ring atau bypass, namun setiap orang masih berisiko terkena penyakit jantung.

"Meskipun telah diobati, tapi pembuluh darah di jantung bisa menyempit lagi di tempat pasang ring atau di tempat yang baru dan setelah di-bypass. Kenapa? Ini kembali lagi tergantung dari gaya hidupnya," kata Hasril pada Liputan6.com, ditulis Rabu (4/3/2015).

Hasril menambahkan, dengan mengatur pola makan dan mengonsumsi obat dengan teratur serta kontrol ke dokter jantung reguler bisa mengurangi pasien terkena penyakit jantung lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini