Sukses

Olahraga Berlebih Picu Kerusakan Rambut

Berolahraga secara berlebihan cenderung membuat tubuh dalam kondisi stres.

Liputan6.com, New Delhi- 'Segela yang berlebihan tidak baik'. Pasti Anda sudah bosan mendengar kalimat tersebut. Namun, tak dipungkiri hal tersebut pada beberapa hal benar adanya. Salah satunya, ketika melakukan olahraga berlebih.

Studi terbaru menunjukkan bahwa seseorang yang aktif berolahraga secara berlebihan cenderung membuat tubuh dalam kondisi stres. Hal ini membuat pasokan darah ke otot meningkat, sehingga tidak banyak yang bisa dikirim ke akar rambut.

Dibandingkan pria, dampak kerusakan rambut pada perempuan lebih parah jika olahraga berlebih seperti yang diungkapkan dalam laman The Times of India, Kamis (12/2/2015).

Jadi, tak perlu ngoyo untuk berolahraga. Durasi 45 - 60 menit lakukan olahraga setiap hari sudah bisa membuat tubuh bugar tanpa menimbulkan efek samping.

Namun, jika memang Anda keranjingan olahraga pastikan mencuci rambut usai berkeringat pasca berolahraga. Hal ini berguna untuk menjaga kulit kepala dan rambut bersih sehingga tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Lalu, pastikan mengasup makanan kaya nutrisi. Makanan sehat seperti sayuran hijau, buah, daging, kacang-kacangan sangat dibutuhkan untuk menjaga rambut tetap kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.