Sukses

7 Alasan Ilmiah Orang Perlu Sering Tertawa

Memiliki rasa humor dan tertawa bisa bermanfaat buat kesehatan baik fisik, emosional, dan sosial.

Liputan6.com, New York Ungkapan tertawa adalah obat terbaik tentu sering kita dengar. Tapi, ungkapan itu terbukti kebenarannya. Memiliki rasa humor dan tertawa bisa bermanfaat buat kesehatan baik fisik, emosional, dan sosial.

`Obat` ini jauh lebih murah ketimbah harus ke dokter atau membeli obat di luar sana. Berikut beberapa alasan sebaiknya Anda mengembangkan rasa humor seperti dilansir Lifehack, Senin (9/2/2015):

1. Fungsi pembuluh darah

Tertawa memicu pelebaran atau perluasan jaringan yang membentuk lapisan dalam pembuluh darah, meningkatkan aliran darah.

"Bisa dibayangkan tertawa mungkin penting untuk menjaga endotel yang sehat, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," kata peneliti utama Michael Miller.

2. Meningkatkan kesehatan emosional

Tawa dan humor memicu pusat emosional dan reward di otak, melepaskan dopamin, yang membantu otak memproses respons emosional dan meningkatkan rasa senang. Serotonin, yang mengangkat suasana hati; dan endorfin yang mengatur rasa sakit dan stres dan menyebabkan euforia.

3.Penting dalam interaksi sosial dan bonding

Tertawa berperan penting dalam mengatur percakapan pada manusia dan juga signifikan dalam memfasilitasi ikatan sosial antara kelompok individu.

Rasa humor penting dalam komunikasi interpersonal dan daya tarik, dan merupakan komponen penting dari kompetensi sosial. Rasa humor yang sehat di antara teman keluarga bisa memperkuat identitas kelompok. Bahkan ada yang berpendapat tertawa dapat meningkatkan kebahagiaan pernikahan.

4. Terlihat lebih menarik

Penelitian menunjukkan pria dengan selera humor yang baik lebih menarik. Pada gilirannya, pria lebih tertarik pada wanita yang menertawakan lelucon mereka.

Ini membuat Anda lebih nyaman berada di dalam situasi sosial, seperti pesta, yang memungkinkan Anda untuk memperluas lingkaran sosial Anda. Selain itu, memiliki rasa humor yang baik dalam sebuah wawancara kerja meningkatkan peluang Anda untuk bisa diterima.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya


5. Menurunkan stres dan kecemasan

Humor digambarkan sebagai unsur ketahanan dan memungkinkan Anda meningkatkan kemampuan mengatasi dalam situasi sulit.

Ini bisa memoderasi efek buruk dari stres terhadap kesehatan dan meningkatkan suasana hati yang positif untuk membatalkan emosi negatif.

Dan ingatlah, tertawa juga bisa menular.

6. Ini perkuat sistem kekebalan tubuh

Stres dalam kehidupan sehari-hari menekan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko penyakit menular dan penyakit jantung.

Rasa humor yang baik mencegah stres dari mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, melindungi Anda dari penyakit.

7.) Ini bermanfaat bagi sistem pernapasan.

Tertawa menyediakan metode tercepat dan termudah dalam mengatur pernapasan. Hal ini menyebabkan peningkatan langsung dalam denyut jantung, laju pernapasan dan konsumsi oksigen.

Tawa berkepanjangan membersihkan paru dari residu udara dan menggantikannya dengan yang segar, udara yang kaya oksigen.

Dalam istilah sederhana, ini memungkinkan Anda untuk bernapas lebih dalam, meningkatkan kesehatan pernapasan, terutama bagi mereka dengan penyakit pernapasan seperti asma.

Dalam kenyataannya, Laughter Yoga telah dikembangkan. Laughter Yoga mengisi tubuh dan mengontrol keadaan mental dengan mengatur aliran 'kekuatan hidup', merangsang ketenangan, fokus dan energi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini