Sukses

Bayi Baru Lahir `Hamil` Janin Kembar

Seorang bayi perempuan di Hong Kong `hamil` janin kembar.

Liputan6.com, Jakarta Seorang bayi perempuan di Hong Kong `hamil` janin kembar. Alhasil, sang bayi yang baru berusia tiga minggu itu harus menjalani operasi untuk mengangkat kembarannya.

Bayi mungil pasangan orangtua asal China ini lahir di Queen Elizabeth Hospital. Dan janin di tubuh sang bayi itu berusia 8 dan 10 minggu serta memiliki kaki, lengan, tulang belakang, tulang rusuk, dan usus. Dan keduanya sudah tertutup kulit.

Salah satu janin beratnya 14, 2 gram dan yang lainnya 9,3 gram. Masing-masing memiliki tali pusat.

Operasi pengangkatan janin kembar ini berhasil dan bayi perempuan itu berhasil keluar dari rumah sakit delapan hari kemudian. Keajaiban dalam dunia medis ini diterbitkan dalam Hong Kong Medical Journal.

Kondisi ini dikenal dengan janin dalam foetu dan hanya terjadi satu dalam 500 ribu kelahiran di dunia. Hingga kini, kurang dari 200 kasus yang pernah dilaporkan.

Dr Yu Kai-man, spesialis Obstetrics dan gyneacology, percaya itu adalah kasus pertama di kotanya. "Tak mungkin gadis kecil hamil dengan dirinya sendiri, pembuahan janin kembar, tentu saja itu milik orangtuanya, yang salah tempat," ujar Dr Kai-man seperti dilansir Mirror, Senin (9/2/2015).

Laporan itu mengatakan alasan di balik kelainan yang terjadi ketika gadis itu lahir pada tahun 2010 masih belum diketahui, dan Organisasi Kesehatan Dunia mengklasifikasikan sebagai jenis kanker.

Tapi diduga ibunya melakukan beberapa kali aborsi. "Meluasnya penggunaan USG antenatal pada kehamilan awal dapat memberikan bukti yang lebih konkrit ... dan menjelaskan kondisi ini menarik," kata laporan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini