Sukses

6 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Seorang dokter Yunani Kuno pernah mengatakan, "biarkan makanan menjadi obatmu dan obat-obatan menjadi makananmu." Ungkapan ini ternyata sangat tepat untuk menggambarkan manfaat bawang putih yang sering menjadi bumbu penyedap makanan yang kita konsumsi.

Manfaat bawang putih banyak yang telah dikonfirmasi oleh ilmu kedokteran modern. Misalnya, bawang putih ditemukan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah.

Berikut adalah beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan manusia seperti yang dilansir dari authoritynutrition.com, Senin (26/1/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 3 halaman

Mencegah flu dan alzheimer

1. Mencegah flu

Zat yang terkandung dalam bawang putih dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi bawang putih, misalnya, dapat mengurangi rata-rata lama flu seseorang sebanyak 70 persen.

2. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu pemicu paling utama dari serangan jantung dan stroke. Mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan tekanan darah ini. Bahkan, ekstrak bawang putih seberat 600-1.500 mg sama efektifnya dengan obat atenolol yang mampu mengurangi tekanan darah selama 24 minggu.

3. Kandungan antioksidan membantu mencegah alzheimer

Efek gabungan pada pengurangan kolesterol dan tekanan darah serta sifat antioksidan pada bawang putih dapat mencegah penyakit otak seperti alzheimer dan demensia.

3 dari 3 halaman

Pertahankan stamina dan kualitas tulang

4. Mempertahankan stamina

Bawang putih telah digunakan sejak zaman kuno untuk meningkatkan kapasitas kerja para budak. Hal ini dikonfirmasi dengan sebuah studi terakhir yang menunjukkan bahwa kelelahan akibat olahraga dapat dikurangi dengan konsumsi bawang putih.

5. Membantu detoksifikasi logam berat pada tubuh

Pada dosis yang tinggi, senyawa sulfur dalam bawang putih telah terbukti dalam melindungi kerusakan organ dari toksisitas logam berat.

6. Mempertahankan kualitas tulang

Salah satu studi menemukan bahwa bawang putih secara signifikan dapat memperlambat pengurangan estrogen pada perempuan yang telah menopause. Meskipun begitu, belum ada penelitian yang membahas dampat bawang putih pada tulang laki-laki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini