Sukses

Kompres Kubis Atasi Payudara Sakit karena Menyusui?

Aktris Amanda Peet mencoba mengompres payudaranya yang sakit dengan kubis dingin. Efektifkah?

Liputan6.com, New York- Aktris Amanda Peet dalam acara di stasiun televisi Amerika Serikat, The Ellen DeGeneres Show mengungkapkan salah satu kegilaannya. Perempuan yang baru saja melahirkan anak ketiga sebulan yang lalu menyatakan bahwa ia pernah mengompres payudaranya yang bengkak dengan kubis dingin. Memang kubis dingin bisa kurangi rasa sakit pada payudara saat menyusui?

Usai melahirkan memang banyak ibu-ibu yang merasa kesakitan dengan payudara yang membengkak. Dan sejak lama di dunia barat dikenal bahwa kubis dingin bisa mengurangi pembengkakan.

Dilansir dari laman Health, Senin (19/1/2015), ternyata tidak ada penelitian yang membuktikan kubis efektif untuk mengurangi pembengkakan pada payudara yang bengkak saat menyusui. Sebuah jurnal dari Cohrane Library pada tahun 2010 menemukan bahwa tidak ada bukti yagn signifikan bahwa kubis bisa membantu pembengkakan.

Ada juga studi di India pada tahun 2008, yang juga tidak menemukan efektivitas dalam mengurangi pembengkakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.