Sukses

4 Manfaat Hebat Buah Pisang

Liputan6.com, Jakarta Pisang merupakan jenis buah yang memiliki kandungan gizi cukup besar dan memiliki manfaat bagi kesehatan kita.

Di bawah ini terdapat sejumlah manfaat dari buah pisang bagi kesehatan kita seperti dikutip Natural News, Senin (5/1/2015)

1. Menjaga fungsi pencernaan

Buah berbentuk bulan sabit, kulit berwarna kuning, dan memiliki rasa manis mengandung serat cukup besar, yang berguna membersihkan usus dari segala limbah.

Dari satu penelitian yang telah diterbitkan dalam anaerob pada Desember 2011 ditemukan bahwa buah pisang dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi dua buah pisang berukuran sedang per hari dapat mengurangi kondisi kembung.

2 dari 2 halaman

Antidepresan



2. Antidepresan

Buah pisang mengandung asam amino tritofan dalam jumlah kecil yang terbukti memiliki sifat dapat meningkatkan suasana hati. Di dalam buah pisang juga terdapat vitamin B6, nutrisi yang larut dalam air yang dapat membantu hormon serotonin mengatur hambatan darah di otak kita.

3. Antidiabetes

Dalam satu penelitian yang diterbitkan di dalam Journal of the Science of Food and Agriculture, ditemukan bahwa ekstrak pisang dapat menekan tingkat penyerapan karbohidrat dari tikus yang mengidap diabetes. Sehingga buah pisang memberikan efek anti diabetes.

4. Vitamin dan mineral

Bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, buah pisang mengandung jumlah nutrisi yang cukup besar. Selain vitamin B6, vitamin C, juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk magnesium yang sangat penting.