Sukses

Konsulat RI di Malaysia Gelar Kompetisi Minat dan Bakat

Apresiasi Prestasi dan Seni (APSI) wadah bagi anak-anak Indonesia di Sabah untuk mengeluarkan bakat dan potensinya.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mendukung bakat dan potensi siswa di bidang sains dan seni, Konsulat Republik Indonesia Tawau, pada Sabtu (6/12) lalu, menggelar Apresiasi Prestasi dan Seni (APSI) Tingkat Sekolah Dasar di kantor Perwakilan RI di Tawau, Sabah, Malaysia,

Dalam pers rilisnya, Pelaksana Fungsi Sosial Budaya KRI Tawau, Dian Ratri Astuti, mengatakan kegiatan APSI sebagai wadah menyalurkan bakat anak-anak Indonesia.

”Kegiatan ini merupakan wadah bagi anak-anak Indonesia di Sabah untuk mengeluarkan bakat dan potensinya,” kata Pelaksana Fungsi Sosial Budaya KRI Tawau, Dian Ratri Astuti.

Para siswa-siswi Indonesia yang nota bene anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ini berasal dari Pusat Belajar (PB) Humana dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) atau Community Learning Centre (CLC) SD yang lolos tahap seleksi di 12 distrik.

Di tahun kedua penyelenggaraan APSI 2014, terdapat 3 kategori yang diperlombakan, mulai dari cerdas-cermat, pidato, dan melukis. Untuk tahun depan, Dian berharap, mata lomba APSI ditambah pada bidang olahraga. Hal ini untuk mengakomodasi dan mengembangkan potensi anak baik dari sisi kognisi, afeksi, maupun psikomotorik.

Sementara itu Konsul RI Tawau, Muhammad Soleh mengatakan, kesuksesan pelaksanaan APSI merupakan buah kerja sama yang baik antara Konsulat RI dan guru-guru di Tawau.

“Saya atas nama Pemerintah Republik Indonesia memberikan perhatian besar terhadap peranan para guru baik di CLC maupun Humana,” tegas Muhammad Soleh.

 Wilayah kerja Konsulat RI Tawau di Sabah, Malaysia antara lain daerah Tawau, Kunak, dan Lahad Datu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.