Sukses

FKUI Pamerkan Hasil Riset Kedokteran Para Ilmuwan Lokal 2 Hari

Liputan6.com, Jakarta Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyelenggarakan pagelaran riset kedokteran Indonesia selama dua hari, sejak 4 sampai 5 Desember 2014. Tujuannya, untuk mengenalkan dan mendekatkan hasil riset yang dihasilkan oleh FKUI kepada masyarakat, lembaga penelitian, pemerintah maupun industri.

Rencana ke depan, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) akan memfokuskan diri pada berbagai penelitian yang berorientasi pasar, yaitu sejumlah penelitian berbasis pada masalah yang timbul di masyarakat, sehingga hasil penelitian dapat memecahkan berbagai masalah di masyarakat secara konkret.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, DR. Dr. Ratna Sitompul, SpM (K), berharap, pagelaran yang dilaksanakan di Kampus FKUI Salemba, Jakarta, semakin meningkatkan motivasi para peneliti FKUI, serta meningkatkan peran kemitraan antara Universitas, pemerintah, masyarakat, dan industri.

"Sebut saja yang saat ini tengah dikembangkan oleh FKUI, yaitu sistem tele-medecine pada bidang ultrasonografi yang akan berkontribusi terhadap penurunan angka kematian ibu di Indonesia," kata dia di Kampus FKUI Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (4/12/2014)

Selain itu, masih ada hasil penelitian yang dipamerkan, pengembangan terapi sel punca pada pasien cedera medula spinalis yang mengalami kelumpuhan, serta pengembangan vaksin penyakit infeksi seperti DHF, HIV, dan Tuberkulosis yang diyakini akan bermanfaat untuk menurunkan angka kejadian penyakit infeksi di Indonesia.

Untuk pesertanya sendiri, pagelaran riset kedokteran Indonesia diikuti oleh 15 klaster dan pusat riset kedokteran FKUI, antara lain; stem cell, human reproduction, pusat riset virologi dan kanker patobiologi, infectious disease, human genetic, human cancer, medical technology, clinical research supporting unit, drug development dan lain-lain.

Loading