Sukses

RS Bunda Jakarta, Sudah Menangani 100 Lebih Pasien dengan Robot

Liputan6.com, Jakarta Sejak 2012 hingga 2014 sudah lebih dari 100 kasus ditangani oleh tim dokter ARMIS (Advance Robotic and Minimally Invasive Surgery) Rumah Sakit Bunda Jakarta menggunakan teknologi terkini bedah menggunakan robot (robotic surgery).

Direktur Pengembangan Produk dan Teknologi PT BundaMedik, Dr. Ivan R. Sini, SpOG, mengatakan,"Sampai saat ini, sudah ada 110 kasus yang ditangani menggunakan bedah robotic."

Dalam Robotic Surgery Gathering 'Pencapaian ke-100 Kasus Bedah Robotik' di Double Tree by Hilton Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (2/12/2014) Ivan yang juga salah seorang tim dokter ARMIS, mengatakan, meski di awal perjalanan belum banyak yang mengetahui keuntungan bedah dengan robot, strategi pengenalan dan pemberian pemahaman pada pasien akan manfaat bedah menggunakan robot yang dilakukan secara intensif membuahkan hasil menggembirakan.

"Sekarang ini mulai tinggi kesadaran pasien bedah yang memercayakan operasi bedah menggunakan bedah robotic, sebagai alternatif terbaik mengurangi risiko operasi," kata dia.

Selama ini sebagian besar pasien merasa puas atas hasil bedah yang menggunakan teknologi robot. Demikian juga dari sisi dokter.

"Namun perlu diingat bahwa tidak ada jaminan bahwa operasi dengan robot memberi hasil 100 persen, apalagi bila dilakukan pada operasi berisiko tinggi," kata Ivan.

Menurut Ivan, risiko dan komplikasi operasi akan selalu ada dalam setiap tindakan medis. Namun, diharapkan dengan pembedahan robotik ini sejumlah risiko dapat diminimalisir.

Meski menggunakan teknologi tangan robotik, alat canggih ini tetap dioperasikan oleh dokter bedah dengan kontrol sepenuhnya, bukan oleh robot sendiri.

Mengharukan, Perawat Hibur Pasien yang Sekarat Lewat Lagu

Tutup Video