Sukses

Perang Menkes Lawan Kebiasaan Merokok

Kemenkes akan terus mendorong sampai kesadaran dari masyarakat untuk berhenti merokok timbul.

Liputan6.com, Jakarta Rokok masih jadi fokus Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, Sp.M (K) pada 2015. Menurut dia, sejumlah tindakan atas terus ditingkatkan agar jumlah perokok di Indonesia mengalami penurunan.

"Saya kira paling utama, tetap memberlakukan kawasan tanpa rokok," kata Menkes saat menghadiri Peringatan Hari Ulangtahun ke-29 Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) di Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (15/11/2014)

Jadi, lanjut Menkes, Kemenkes akan terus mendorong sejumlah tindakan dan kebijakan. Misalnya, individu dilarang untuk merokok di dalam rumah sakit dan kantor. "Harus di luar dari bangunan, dengan jarak beberapa meter," kata Menkes menambahkan.

Selanjutnya, Kemenkes akan memberikan edukasi kepada para perokok, yang kemungkinan berasal dari kalangan tidak mampu.

"Dari segi ekonomi yang saya lihat, daripada membeli rokok, lebih baik memberikan makanan kepada anak dan keluarganya," kata Menkes.

Intinya, Kemenkes akan terus mendorong sampai kesadaran dari masyarakat untuk berhenti merokok timbul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.