Sukses

Ini Akibatnya Bila Anda Sulit Tidur

Tidur sama pentingnya bagi kesehatan seperti halnya diet dan olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Tidur sama pentingnya bagi kesehatan seperti halnya diet dan olahraga. Tanpa tidur, beberapa penelitian menuliskan bahaya dan risikonya mencakup diabetes, obesitas, dan gangguan jantung. Belum lama ini, para ilmuwan bahkan menambah sederet keburukan kurang tidur, yaitu kerusakan otak yang mengakibatkan seseorang mudah kehilangan memori dan berisiko Alzheimer.

Seperti dikutip Prevention, Senin (10/11/2014), peneliti di University of Rochester Medical Center menyebutkan bahwa kurang tidur (kurang dari 6 jam) dapat menyebabkan neuron mati dan otak menyusut terutama di daerah penyimpanan memori dan pemecahan masalah.

"Ketika seseorang kesulitan tidur selama 3 hari, mereka kehilangan 25-30 persen neuron penting yang berguna sebagai pusat perhatian. Terlebih lagi, sel-sel otak ini tidak pernah regenerasi," kata peneliti, Sigrid Veasey, MD.

Di penelitian lain disebutkan, 15.000 orang yang terlibat penelitian rata-rata hanya tidur 5 jam sehari. Selama dua tahun, mereka akhirnya mengalami penurunan kinerja memori atau penuaan otak lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini