Sukses

Kenapa Olahraga Jadi Sia-sia Bila Masih Merokok?

Liputan6.com, Jakarta Perokok percaya, dengan menjalani pola diet sehat dan rutin melakukan olahraga akan membuat dia senantiasa sehat. Mereka tidak menyadari, aktivitas menghisap rokok yang dilakukan itu justru memiliki pengaruh negatif pada tubuh.

Dikutip dari Health Me Up, Rabu (5/11/2014), dijelaskan apa yang terjadi pada tubuh seorang perokok, dan mengapa pula aktivitas sehat yang mereka lakukan dirasa percuma;

2 dari 5 halaman

1



1. Aliran darah terbatas

Dampak yang tak terasa dari aktivitas merokok adalah pembuluh darah mengerut, sehingga darah aliran darah ke tubuh dan sel-sel otot tidak berjalan maksimal.

Dengan begitu, otot tidak akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk kinerja yang optimal.

3 dari 5 halaman

2



2. Kadar oksigen rendah

Menghisap sebatang rokok per hari, menyebabkan penurunan penyerapan oksigen secara maksimal hingga 10 persen, yang secara signifikan dapat membatasi kinerja latihan.

Perokok harus tahu bahwa tanpa oksigen yang cukup sampai ke sel-sel otot yang bekerja, maka tingkat kelelahan yang akan dialami menjadi lebih besar.

4 dari 5 halaman

3



3. Kekuatan otot menurun

Merokok dapat memengaruhi kekuatan otot. Menurut suatu penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran di Universitas Kagawa, Jepang, pria prokok menunjukan penurunan kadar kekuatan otot cukup besar, terutama dalam hal kekuatan pegangan.

5 dari 5 halaman

4



4. Rutin olahraga tidak dapat mengurangi efek dari merokok

Jangan berpikir bahwa dengan Anda menjalani diet sehat dan rutin melakukan olahraga dapat mengurangi efek dari merokok begitu saja.

Kecelakaan Maut di Jalan Lintas Sumatera, 5 Tewas
Loading