Sukses

Sudah Benarkah Cara Anda Masak Ikan?

mengonsumsi ikan secara teratur dapat meningkatkan memori dan kognisi, tetapi hanya jika ikan dipanggang atau dibakar, tidak digoreng

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan mengonsumsi ikan memang baik. Selain mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, depresi dan penyakit Alzheimer, konsumsi ikan juga bermanfaat bagi kesehatan. Tapi ingat, penelitian terbaru dari University of Pittsburgh School of Medicine mencatat bahwa mengonsumsi ikan secara teratur dapat meningkatkan memori dan kognisi, tetapi hanya jika ikan dipanggang atau dibakar, tidak digoreng.

Kebiasaan mengonsumsi ikan dengan digoreng ini, menurut peneliti dapat meningkatkan kalori yang seharusnya bisa diminimalisir. Sebagai contoh, selusin udang goreng misalnya bisa bisa berisi 280 kalori. Coba bandingkan dengan udang yang direbus atau dikukus, hanya 85 kalori saja.

Untuk memudahkan Anda, berikut ini ada beberapa tips dalam memasak ikan agar kita tidak kehilangan manfaat kesehatannya, seperti dikutip Health, Selasa (4/11/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

gunakan lemak baik



1. Menggunakan lemak baik

Sebelum memasak, iris ikan dan bakar ikan menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa. Tambahkan tomat, paprika merah atau basil. Atau makan ikan dengan irisan alpukat, kacang atau sesendok zaitun.

2. Tambahkan bumbu dan rempah-rempah

Ada banyak cara untuk menikmati ikan agar kita dapat manfaat kesehatannya. Beberapa kombinasi favorit antara lain perasan jeruk nipis, ketumbar, lada hitam, bawang putih cincang, jahe parut segar, bubuk kunyit dan cabai merah.

3. Tambahkan tumisan sayur

Setelah memanggang, tuangkan tumisan bayam, tomat, jamur dan sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.