Sukses

Salah Satu Calon Kuat Menkes Prof. dr. Hasbullah Thabrany MPH

Liputan6.com, Jakarta Selain Kepala BPJS Fachmi Idris, Prof. Akmal Taher, Prof. Zubairi Djurban, Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron, Prof. Agus Purwadianto, ada juga nama yang dijagokan sebagai calon menteri kesehatan, yakni Prof. dr. Hasbullah Thabrany, MPH, Dr.PH.

Guru Besar FKUI, Ketua Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan FKMUI ini seorang profesor dan mantan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Pria kelahiran Jakarta, 21 Mei 1954 dan akrab dipanggil Jack Bhull ini memiliki gelar medis dari Universitas Indonesia, MPH dan Dr.PH derajat dari University of California di Berkeley, Amerika Serikat.

Pernah bekerja dengan Rand Corporation, sebuah perusahaan riset terkemuka di Amerika Serikat saat dia belajar di Amerika Serikat. Setelah kembali ke Indonesia pada tahun 1995, beliau menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Administrasi Program Pascasarjana di Universitas Indonesia.

Dia mengajar di bidang asuransi kesehatan, jaminan sosial, dan kebijakan kesehatan. Dia juga pernah menjadi Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (1997-2000). Prestasi menonjolnya adalah sebagai Pendiri Perhimpunan Ahli Manajemen Jaminan dan Ahli Kesehatan Indonesia / PAMJAK 1998. Dia juga pernah menjadi tim sistem jaminan sosial nasional yang dibentuk Presiden Megawati Soekarnoputri