Sukses

Lebih Percaya Dokter Perempuan atau Laki-laki?

Berdasarkan sebuah penelitian di Perancis, para pasien lebih percaya informasi dan saran dokter perempuan dibandingkan laki-laki.

Liputan6.com, London Selama ini saat sakit Anda lebih memilih pergi ke dokter berdasarkan jenis kelamin atau kemampuannya? Berdasarkan studi dari University of Toulouse III Perancis, ternyata pasien lebih memperhatikan nasihat dokter perempuan dibandingkan dokter laki-laki untuk kasus-kasus tertentu.

Kepercayaan pasien terhadap dokter perempuan ini terutama mengenai rekomendasi dokter yang terkait akan nutrisi, olahraga dan penurunan berat badan. Kepercayaan ini terkait dengan informasi serta saran yang diberikan dokter perempuan.

Menurut salah satu peneliti dokter Anne-Cecile Schieber, kepercayaan pasien ini terkait dengan kemampuan komunikasi dokter perempuan yang lebih baik dibandingkan dokter laki-laki. Sehingga tak heran jika sebagian besar partisipan penelitian yang terdiri dari 585 pasien ini memilih ke dokter perempuan terkait permasalahan berat badan, seperti dilansir Daily Mail pada Jumat (10/10/2014).

Oleh karena itu penelitian ini berharap agar ada sebuah pelatihan bagi mahasiswa kedokteran dan dokter tentang bagaimana cara menyampaikan informasi, menunjukan rasa menghormati, mendukung pasien. Hal ini akan memberikan kualitas komunikasi seorang dokter terlepas dari apa jenis kelaminnya.

Lalu, bagaimana dengan Anda? Memilih pergi ke dokter berdasarkan jenis kelamin atau kemampuannya?
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini