Sukses

Hipnoterapi Medis, Membius Pasien Tanpa Obat dan Jarum Suntik

Ilmu hipnoterapi ternyata juga digunakan para dokter untuk membantu aktivitas medis seperti menggantikan peran anestesi

Liputan6.com, Jakarta Terapi dengan menggunakan hipnosis atau yang sering disebut hipnoterapi tak hanya bisa digunakan untuk mengatasi masalah-masalah kejiwaan atau masalah fisik yang disebabkan oleh bawah sadar manusia. Ilmu hipnoterapi ternyata juga digunakan para dokter untuk membantu aktivitas medis seperti menggantikan peran anestesi. Inilah yang dikenal dengan sebutan hipnoterapi medis.

"Awalnya hipnoterapi medis digunakan untuk membantu mengatasi penyakit kejiwaan seperti stres, dan hal-hal yang berhubungan dengan gangguan pikiran. Ternyata, apa yang ada pada pikiran berespons pada tubuh," terang praktisi hipnoterapi medis dokter Stephanus Nurdin saat ditemui di RSIA Budhi Jaya, Jakarta (10/9/2014).

Teknik hipnoterapi medis menurut dokter Ivan, begitu dia sering disapa bisa dimanfaatkan untuk membantu para pasien yang takut dioperasi atau disuntik. Juga bisa digunakan untuk membantu dokter menganestesi (membius) pasien tanpa perlu obat anestesi. Hipnotereapi medis juga sering dimanfaatkan oleh para dokter gigi untuk membantu pasien yang ingin mencabut giginya tanpa perlu dibius. Aman dan cepat, katanya. Teknik model ini juga bisa membantu para ibu yang melahirkan secara normal tanpa harus merasa sakit. Intinya, menurut Ivan, hipnoterapi medis sangat bermanfaat digunakan untuk membantu menghilangkan rasa sakit saat operasi tanpa perlu obat bius.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini