Sukses

Kuis: Seberapa Besar Anda Berisiko Katarak?

Katarak adalah sejenis selaput yang menyelimuti mata. Pada awalnya tidak mengganggu, tapi perlahan-lahan mata tidak mampu melihat jelas

Liputan6.com, Jakarta Katarak adalah sejenis selaput yang menyelimuti mata. Pada awalnya tidak mengganggu, tapi perlahan-lahan mata tidak mampu melihat dengan jelas karena katarak. Seberapa besar risiko yang Anda punya? Ikuti kuis ini dengan jawaban ya atau tidak. Apakah Anda:

1. Berusia 60 tahun ke atas?
2. Punya kerabat yang menderita katarak?
3. Menderita diabetes melitus?
4. Mata pernah kena cedera serius?
5. Pernah mengonsumsi obat-obatan jenis steroid untuk jangka waktu panjang?
6. Merokok?
7. Banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari?
8. Pernah mendapatkan perawatan medis dengan radiasi?
9. Sering minum alkohol?
10.Rajin minum vitamin?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Penilaian 1-5

Hasil Penilaian
Bila Anda menjawab:


1. Ya, berarti Anda punya satu risiko untuk kena karena katarak mulai mengganggu pada saat seseorang mulai berusia 60-an.
2. Ya, berarti Anda punya satu risiko lagi karena genetik dicurigai sebagai faktor terpenting yang menentukan tingkat dan keparahan penyakit ini pada seseorang. Bila ternyata banyak kerabat yang menderita katarak berarti kemungkinan kena semakin besar. Menurut sebuah studi, besar kemungkinan kena katarak adalah sekitar 50 persen.
3. Ya, berarti risiko bertambah lagi. Penderita diabetes (tipe 1 dan 2) berisiko dua kali kena katarak
4. Ya, berarti risiko kena katarak bertambah besar.
5. Ya, berarti risiko bertambah satu. Obat-obatan ini biasanya dipakai untuk penyakit pernapasan seperti asma dan empisema.

3 dari 3 halaman

Hasil Penilaian 6-10


6. Ya, berarti risiko bertambah lagi. Rokok menghasilkan asap yang mengandung radikal bebas yang membahayakan sel lain dan merusak antioksidan di mata. Sel radikal bebas dipercaya sebagai faktor yang membentuk katarak di mata.
7. Ya, berarti risiko bertambah satu. Radiasi ultraviolet yang berlebihan dapat mempercepat timbulnya katarak. Sinar ini menyebabkan kerusakan protein dan merusak antioksidan di mata. Cara mencegahnya adalah dengan mengenakan sunglasses.
8. Ya, berarti menambah risiko kena katarak. Radiasi ini mengoksidasi protein di mata.
9. Ya, berarti menambah risiko kena katarak. Minum alkohol berlebihan akan memproduksi sel radikal bebas dan membentuk katarak.
10. Tidak, berarti menambah risiko kena katarak. Peneliti percaya bahwa diet seimbang dan multivitamin bisa memerangi katarak. Vitamin yang disarankan untuk ini adalah A, C, dan E.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.