Sukses

Pistachio, Cemilan Lezat untuk Jantung Diabetesi

Tak hanya gurih, pistachio bisa jadi cemilan sehat untuk diabetesi.

Liputan6.com, Jakarta Meski namanya tak setenar kacang-kacang lainnya, namun pistachio punya beragam manfaat yang sayang jika tak dikenal. Salah satunya dengan mengonsumsi dua porsi pistachio sehari bisa melindungi jantung dan pembuluh darah pada penderita diabetes.

Dalam studi yang dilakukan oleh peneliti dari Pennsylvania State University, dengan makan 150 keping atau tiga ons pistachio per hari selama empat minggu bisa membuat pembuluh darah lebih renggang, sehingga menurunkan tekanan darah pada saat tidur dan  mengurangi rasa sakit pada jantung.

"Meskipun kacang tinggi lemak, namun mengandung lemak baik yang kaya seratm kalium, dan antioksidan. Mengingat tingginya risiko penyakit jantung pada penderita diabetes, kacang-kacangan adalah komponen penting pada diet sehat diabetesi," tutur profesor dan ahli nutrisi Sheila West seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (9/8/2014).

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Americah Heart Association ini juga menemukan bahwa mengonsumsi diet pistachio bisa mengurangi respons stres tetapi bukan obat untuk mengatasi permasalahan emosional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini