Sukses

Rahasia Bugar Wanita Aktif dan Produktif

Liputan6.com, Jakarta Tubuh perempuan dan laki-laki tentu berbeda. Tubuh perempuan lebih banyak lemak, perempuan juga lebih berisiko terkena keropos tulang. Itu sebabnya perempuan perlu makanan yang agak berbeda juga.

Saran agar perempuan lebih memperhatikan asupan kalsium, misalnya, datang dari sejumlah ahli nutrisi dari Harvard School of Public Health.

Tak hanya dari susu, tetapi juga dari kacang polong, brokoli, sawi, kol brussel, dll, karena susu juga mengandung protein yang dapat menyebabkan hilangnya kalsium dan akhirnya mengurangi kepadatan tulang. Mereka juga menyarankan agar kita tidak mengonsumsi protein terlalu banyak.

Konsumsi kafein atau alkohol juga hanya diperbolehkan satu gelas kecil per hari, agar tidak meningkatkan hilangnya kadar kalsium. Sebaliknya, konsumsi sayuran hijau sumber zat besi sebaiknya diperbanyak untuk mencegah anemia, apalagi di masa menstruasi.

Apa saja sebetulnya yang diperlukan perempuan agar selalu berenergi, berat badan seimbang, awet sehat, awet muda, hidup lebih lama dengan penampilan menarik?

2 dari 4 halaman

Agar nggak ngemil

Agar nggak ngemil, tetap langsing, tapi enerjik
* Jangan lupa sarapan sehat. Kebiasaan ini membuat tubuh lebih kebal stres, tidak kelaparan, siap bekerja dan berpikir, enerjik sepanjang hari, sehingga langsing terus.

* Makan teratur. Menunda makan malah bikin tubuh mudah lelah dan sensitif. Makanlah setiap 3-4 jam sekali untuk mendukung siklus energi tubuh yang alami dengan makan pagi, makan siang, makan malam, dan menyantap camilan sehat di antara waktu makan.

* Batasi junk food. Makanan yang banyak gula dan karbohidrat sederhana hanya membuat emosi dan tingkat energi naik turun tak karuan. Pilih karbohidrat kompleks (kentang, nasi merah, oat, roti gandum, pisang) untuk meningkatkan serotonin, sehingga kita tak gampang emosi.

3 dari 4 halaman

Karbo bersahabat

Hanya mengonsumsi karbohidrat yang bersahabat.
Banyak orang melakukan diet rendah karbohidrat ketika ingin mengurangi berat badan. Padahal, karbohidrat juga penting sebagai bahan bakar untuk tubuh termasuk otak, untuk menangkal keletihan, dan sebagainya.

Yang harus kita lakukan adalah hanya memilih karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayuran, kacang polong, bekatul, dll.

Karbohidrat kompleks memberi kita serat untuk membantu mengontrol berat badan dan membuat perut kenyang lebih lama.

Sebaliknya, karbohidrat kompleks seperti nasi putih, roti putih, dan makanan serta minuman manis akan lebih cepat menaikkan kadar gula darah dan kurang efektif sebagai penyedia energi bagi tubuh.

4 dari 4 halaman

Kuatkan tulang

Kuatkan tulang
Kalsium dan magnesium dikombinasi dengan vitamin D sangat vital untuk menjaga kesehatan tulang perempuan. Apalagi untuk kita yang masih doyan makanan tinggi gula, kafein, daging, alkohol, dan kurang mengonsumsi sayuran hijau.

* Asupan kalsium yang dianjurkan ahli gizi sekitar 400-1200 mg per hari. Sumbernya bisa dari sayuran hijau, tahu, kubis, labu, kacang hijau, bawang putih, dan susu. Penyerapan kalsium berlangsung perlahan dan tubuh tidak bisa menyerap¬nya lebih dari 500 mg dalam sekali konsumsi.

* Magnesium perlu diasup sebanyak 500-800 mg per hari. Sumber magnesium antara lain sayuran hijau seperti brokoli, timun, seledri, kacang hijau, polong, buncis, biji labu, biji wijen, dll.

* Tubuh kita perlu vitamin D sekitar 400-1.000 IU per hari. Vitamin D mudah diperoleh dari sinar matahari, suplemen, ikan salmon, udang, telur, dan susu yang difortifikasi.

Jangan takut lemak!
* Lemak sehat penting untuk fungsi otak, membuat kita dalam emosi yang positif dan pikiran tajam.

* Untuk tampil cantik kita perlu lemak. Lemak sehat penting untuk menjaga kuku, rambut, dan kulit tetap berkilau indah.

* Lemak sehat justru menjauhkan kita dari keingin¬an ngemil karena lemak itu padat kalori. Lemak sehat bisa didapat dari kacang-kacangan, minyak zaitun, ikan, alpukat.

* Lemak juga penting untuk membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K.