Sukses

Kurang Minum, Seribu Pasien Meninggal karena Ginjal Akut

Cedera ginjal akut (AKI) telah menyebabkan 40.000 kematian tiap tahunnya.

Liputan6.com, London Cedera ginjal akut (AKI) telah menyebabkan 40.000 kematian tiap tahunnya. Angka ini diperkirakan mengalami peningkatan lima kali lebih tinggi dari angka yang diperkirakan sebelumnya.  National Health Service (NHS) mencatat, 1.000 pasien di rumah sakit di Inggris, meninggal setiap bulan karena masalah ginjal.

Kondisi ini mengacu pada hilangnya fungsi ginjal pada pasien yang sudah sakit dengan kondisi gagal ginjal atau diabetes.

AKI juga dapat berkembang setelah pasien menjalani operasi besar, seperti beberapa jenis operasi jantung. Karena ginjal dapat kehilangan aliran darah normal selama prosedur. Para ahli meyakini bahwa dehidrasi adalah salah satu penyebab terjadinya penyakit ini.

Konsultan Dokter Ginjal di Salford Royal NHS Foundation, Profesor Donal O'Donoghue mengatakan kematian yang disebabkan AKI sebenarnya dapat dihindari. Dengan cara, melakukan perawatan dasar yang baik dan tepat. Bila ini dilakukan oleh para tim medis, maka kematian karena AKI dapat ditekan beberapa persen.

"Dokter dan perawat harus melakukan pemeriksaan dasar untuk mencegah AKI. Secara umum, pasien yang menjalani operasi tidak harus diminta untuk tidak minum lebih dari dua jam," kata Donal mengingatkan seperti dikutip Daily Mail, Selasa (22/4/2014)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.