Sukses

Pekerja di Depan Komputer Rawan Kena `Computer Vision Syndrome`

Liputan6.com, Jakarta Tiap satu jam orang yang bekerja menggunakan perangkat komputer, diminta untuk mengistirahatkan matanya. Jangan sampai, mata menjadi pegal dan berakibat pada terjadinya computer vision syndrome (CVS).

Staf Pengajar Vitreoretina Departemen I Kesehatan Mata FKUI-RSCM, Dr. Elvioza, SpM mengatakan bahwa CVS merupakan suatu sindrom dari gejala penyakit karena menggunakan komputer terlalu lama. Keluhan yang dirasakan seperti pegal, burem, dan perih. Untuk itu, istirahatkanlah mata sejenak.

"Cara mengistirahatkannya adalah dengan melihat suatu objek yang jauh. Sebab, ketika kita melihat dari jarak dekat, mata bekerja berat. Ketika melihat jauh mata semakin rileks," kata Elvioza menjelaskan dalam acara 'Keeping the Vision To See the Future: New Treatment for AMD', ditulis pada Kamis (27/3/2014)

Saat ini, bisa dikatakan mata tidak pernah beristirahat dalam waktu yang lama. Memang, ketika lelah, orang akan menjauh dari layar komputernya. Tapi, kembali fokus pada layar ponsel untuk bersosialisasi di dunia maya. Justru, hal seperti itu akan membuat mata kembali bekerja berat.

"Sama hal seperti istirahat jalan ke mal, sambil lihat harga. Anda harus itu, lihat harga itu tidak mengistirahatkan mata," kata dia menambahkan.

Memang, cara paling ampuh untuk mengistirahatkan mata adalah dengan melihat sesuatu yang jauh. Sesuatu yang berada pada jarak lebih dari enam meter sampai 20 meter. Untuk waktu beristirahat, lakukanlah selama mungkin. Karena, semakin lama akan semakin bagus.

"Maka, ketika berada di kantor dan mata lelah menatap layar komputer, tutup sejenak dan pandanglah sesuatu yang ada di luar jendela ruangan Anda. Tatap selama lima menit sudah dirasa cukup," kata Elvioze.

Selain itu, Elvioza menyarankan kepada Anda untuk menghabiskan waktu akhir pekan tidak di mal, melainkan pergi tamasya ke pantai atau ke gunung. Lihatlah pemandangan yang serba hijau, karena itu memberikan kesempatan mata berisitirahat.