Sukses

[VIDEO] 9 Hari Pascatopan Haiyan, Filipina Mulai Berbenah

Sejumlah alat berat dikerahkan membersihkan jalan dari puing-puing bangunan yang ambruk. Selain itu petugas juga memperbaiki aliran listrik.

Sembilan hari pascatopan Haiyan, warga Filipina mulai membenahi kota mereka. Sementara itu distribusi bantuan logistik dari berbagai negara masih terhambat.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (17/11/2013), pada Sabtu siang kemarin, aparat kepolisian Filipina yang dibantu anggota pemadam kebakaran mulai membenahi infrastruktur yang rusak parah akibat hantaman angin topan super Haiyan berkecepatan 380 km per jam ini.

Upaya pembenahan difokuskan di sekitar lokasi pemukiman warga di Kota Tacloban, Provinsi Leyte. Sejumlah alat berat dikerahkan membersihkan jalan dari puing-puing bangunan yang ambruk. Selain itu petugas juga memperbaiki aliran listrik.

Saat melakukan pembenahan, petugas kembali temukan jasad korban tewas yang telah membusuk. Sedikitnya 20 jenazah ditemukan di sekitar gereja.

Hingga kini warga masih hidup tanpa aliran listrik. Sebagian besar wilayah di Provinsi Leyte gelap gulita pada malam hari. Satu-satunya bangunan yang masih dialiri listrik ialah sebuah hotel di Kota Ormoc. Maka dari itu puluhan warga berdiam di hotel tersebut untuk sekedar mengisi baterai handphone atau daya senter.

Seorang nara sumber menyatakan, pembenahan aliran listrik di kota ini baru dapat rampung dalam waktu 5 sampai 6 bulan ke depan. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini