Sukses

Kampung UFO Pertama Hadir di Indonesia pada Hari UFO Nasional

Peresmian Kampung UFO yang pertama di Indonesia ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Juli 2024, bertepatan dengan peringatan Indonesia UFO Day (Hari UFO Nasional) yang jatuh pada setiap tanggal 21 Juli.

Liputan6.com, Yogyakarta - Indonesia UFO Festival 2024 digelar sebulan penuh mulai tanggal 2 sampai 30 Juli 2024 mendatang. Festival kali ini akan diadakan di 7 tempat berbeda, diikuti oleh lebih dari 100 partisipan, dan dikemas dalam 12 acara yang beragam. Festival ini meliputi ranah astronomi, sains antariksa, SETI, UAP, ET, dan space art.

Salah satu yang sangat unik dari penyelenggaraan Indonesia UFO Festival 2024 kali ini adalah akan diresmikannya Kampung UFO pertama di Indonesia, yang terletak di daerah Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta, bertepatan dengan peringatan “Indonesia UFO Day” (Hari UFO Nasional) pada tanggal 21 Juli 2024. Kampung UFO ini adalah sebuah kolaborasi masyarakat dan warga setempat dengan para seniman street art Yogyakarta. 

Apa itu Kampung UFO?

Ide Kampung UFO ini diinisiasi oleh warga RT 46 / RW 10 Gedongkiwo Mantrijeron Yogyakarta bersama dengan Indonesia UFO Network / IUN dengan tema “Mari Menjaga Planet Bumi”. Kegiatan ini adalah bagian dari aktivitas sosial oleh banyak seniman dan aktifis lingkungan untuk mensosialisasikan kebersihan lingkungan tempat tinggal, membuang sampah, dan memelihara alam sekitar.

Kampung UFO adalah sebuah project yang juga berisi tentang bagaimana berbagi informasi dan pengetahuan tentang Bumi, alam, dan semesta. Peruntukan pesan ini adalah bagi kita semuanya warga masyarakat, ujar salah satu warga Gedongkiwo.

Ketua RT 46 / RW 10 Sapto Indriyatno dan Bendahara RT Suhardjono mengatakan kegiatan ini sebisa mungkin bisa memberikan pesan moral bagi Masyarakat sekitar untuk selalu peduli tentang kebersihan dan selalu memelihara rasa kerukunan diantara warga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seniman Graffiti

Keterlibatan seniman graffiti dengan nama “Bigbang_k_20” ingin menampilkan ide-ide cerita dan narasi luar angkasa yang dibalut dengan elemen keseharian yang ditemui di kampung-kampung sekitar. Tema yang diusung meliputi juga respon terhadap rumah, bangunan, warung, pos ronda, bahkan juga angkringan yang ada di kampung ini.

Angkringan “Pak Pur” dan warung “Bu Lies” misalnya juga akan disentuh dengan goresan karya dari seniman graffiti dan street art ini. Bigbang_k_20 juga mengatakan bahwa proses ini tidak hanya akan berhenti untuk festival ini saja tapi juga akan berlanjut dan bertumbuh di masa mendatang. Pun tidak hanya tentang mural atau graffiti saja, tetapi akan ada berbagai kegiatan workshop tentang seni dan lingkungan di tempat-tempat yang lain.

Peresmian Kampung UFO yang pertama di Indonesia ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Juli 2024, bertepatan dengan peringatan Indonesia UFO Day (Hari UFO Nasional) yang jatuh pada setiap tanggal 21 Juli.

Venzha Christ selaku Direktur dari ISSS (Indonesia Space Science Society) mengatakan, ke 12 acara yang akan digelar sepanjang bulan Juli, antara lain adalah gelar inovasi teknologi dalam ranah sains antariksa, workshop wayang alien, workshop space farming, pameran space art, kegiatan UFO Camp di Kampung Alien, space sound, Indonesia UFO Day, Peresmian lokasi Kampung UFO, Pengembangan space food pertama di Indonesia, sampai kepada penyelenggaraan “SETI Conference” #06 2024. SETI adalah kependekan dari “Search for Extra-Terrestrial Intelligence”.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini