Sukses

Kekerasan Meningkat di Rakhine Myanmar, Lebih dari 45.000 Warga Rohingya Mengungsi

Myanmar yang dilanda konflik telah memaksa 45.000 minoritas Rohingya lainnya untuk melarikan diri.

Liputan6.com, Rakhine - Meningkatnya kekerasan di Negara Bagian Rakhine, Myanmar yang dilanda konflik, telah memaksa 45.000 minoritas Rohingya lainnya untuk melarikan diri.

Diduga, telah terjadi aksi brutal seperti pemenggalan kepala, pembunuhan dan pembakaran rumah milik penduduk Rohingya.

Bentrokan telah mengguncang Negara Bagian Rakhine sejak pemberontak Tentara Arakan (AA) menyerang pasukan pemerintah militer yang berkuasa, dikutip dari laman Al Jazeera, Minggu (26/5/2024).

Insiden ini mengakhiri gencatan senjata yang sebagian besar telah dilaksanakan sejak kudeta militer pada tahun 2021.

AA mengatakan pihaknya memperjuangkan otonomi yang lebih luas bagi penduduk etnis Rakhine di negara bagian tersebut, yang juga merupakan rumah bagi sekitar 600.000 anggota minoritas Muslim Rohingya yang teraniaya, yang memilih untuk tetap tinggal di negara tersebut.

Lebih dari satu juta orang Rohingya berlindung di negara tetangga Bangladesh setelah melarikan diri dari Rakhine, termasuk ratusan ribu orang pada tahun 2017 saat tindakan keras yang dilakukan oleh militer sebelumnya dan kini menjadi subyek kasus genosida PBB di pengadilan.

Juru bicara kantor hak asasi manusia PBB Elizabeth Throssell mengatakan, puluhan ribu warga sipil telah mengungsi dalam beberapa hari terakhir akibat pertempuran di kota Buthidaung dan Maungdaw.

“Diperkirakan 45.000 orang Rohingya dilaporkan telah melarikan diri ke daerah di Sungai Naf dekat perbatasan dengan Bangladesh, untuk mencari perlindungan,” katanya, seraya mendesak perlindungan warga sipil sesuai dengan hukum internasional.

Kepala Hak Asasi Manusia PBB Volker Turk mendesak Bangladesh dan negara-negara lain untuk memberikan perlindungan efektif kepada mereka yang mencari perlindungan, sejalan dengan hukum internasional, dan untuk memastikan solidaritas internasional dengan Bangladesh dalam menampung pengungsi Rohingya di Myanmar.

Namun, Tanvir Chowdhury dari Al Jazeera, yang melaporkan dari Cox’s Bazar di Bangladesh, mengatakan bahwa dengan lebih dari satu juta warga Rohingya yang sudah berada di negara tersebut, pemerintah enggan menerima lebih banyak pengungsi, sehingga membuat para pengungsi tersebut terjebak di sisi perbatasan Myanmar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemenggalan Kepala

James Rodehaver, kepala tim kantor hak asasi manusia di Myanmar, menggambarkan situasi mengerikan yang membuat banyak orang melarikan diri.

Dia mengatakan, timnya telah menerima kesaksian dan melihat gambar satelit, video online dan gambar yang menunjukkan bahwa kota Buthidaung sebagian besar terbakar.

“Kami telah menerima informasi yang menunjukkan bahwa pembakaran dimulai pada tanggal 17 Mei, dua hari setelah militer mundur dari kota dan Tentara Arakan mengklaim telah mengambil kendali penuh atas desa tersebut.”

Salah satu orang yang selamat menggambarkan melihat puluhan jenazah saat ia melarikan diri dari Buthidaung, sementara yang lain mengatakan, ia termasuk di antara puluhan ribu orang yang melarikan diri dari kota tersebut hanya untuk mendapati diri mereka dihadang oleh Tentara Arakan di jalan barat menuju kota Maungdaw.

Korban selamat lainnya juga mengatakan, anggota AA telah menganiaya dan memeras uang dari mereka ketika mereka mencoba menuju desa-desa Rohingya di selatan kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.