Sukses

Eksploitasi Tambang Batu Giok di Kachin Myanmar Picu Kerusakan Lingkungan dan Konflik Warga

Penambangan telah merusak lingkungan, meracuni sumber air, dan menggunduli bentang alam yang tadinya hijau di wilayah Kachin.

Liputan6.com, Kachin - Di wilayah terpencil di bagian utara Myanmar, masalah eksploitasi dan perusakan lingkungan yang mengerikan sedang terjadi.

Terdapat aktivitas perusahaan China terhadap sumber daya alam di wilayah tersebut yang meninggalkan jejak kehancuran.

Masalah lingkungan ini terjadi di Negara Bagian Kachin, Myanmar -- sebuah daerah kaya sumber daya yang telah menjadi medan pertempuran selama beberapa dekade antara militer Myanmar dan kelompok etnis bersenjata yang bersaing untuk mendapatkan kendali atas simpanan batu giok hingga emas, dikutip dari laman Radio Free Asia, Senin (13/5/2024).

Saat ini, 95 persen operasi penambangan di Myanmar dioperasikan oleh entitas Tiongkok.

Pertambangan giok di Myanmar guna memasok permintaan dari China yang tinggi. Terutama batu giok dari tambang Phakant yang terkenal di Negara Bagian Kachin, menjadi komoditas berharga.

Dengan teknologi dan mesin yang unggul, perusahaan-perusahaan pertambangan China memperkuat hasil tambangnya. Namun korban jiwa besar tercatat dalam aktivitas tambang.

Perluasan wilayah militer dan kehadiran permanen militer di wilayah kaya sumber daya seperti Phakant telah menggusur komunitas adat Kachin, sehingga memicu ketegangan etnis.

Penambangan telah merusak lingkungan, meracuni sumber air, dan menggunduli bentang alam yang tadinya hijau, dikutip dari laman pmldaily.

Di desa Hpare, protes terhadap pertambangan tanah jarang Tiongkok yang didukung oleh Tentara Kemerdekaan Kachin (KIA) meletus menjadi kekerasan, yang menggarisbawahi gesekan antar masyarakat yang dipicu oleh proyek-proyek tersebut.

Di tempat lain, kelompok milisi yang bersekutu dengan junta seperti Pasukan Penjaga Perbatasan mengendalikan pusat pertambangan tanah jarang seperti Chipwii, sehingga mengkonsolidasikan kekuasaan dan keuntungan.

Budidaya pisang yang dahulu berkembang pesat di wilayah Kachin kini ditinggalkan karena industri tersebut.

Sejumlah ahli menilai, dampak buruknya terhadap manusia bisa terjadi. Penambangan sumber daya yang terbatas menjadi preseden berbahaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemberontak di Kachin

Pertarungan antara Tentara Kemerdekaan Kachin (KIA) dan militer junta atas kendali atas tambang batu giok terbesar di Myanmar telah meningkat sejak awal tahun 2024, menurut penduduk setempat dan pengamat politik.

Dikutip dari RFA, sejak kudeta militer pada Februari 2021, baik junta maupun KIA mengandalkan sumber daya alam untuk mendanai operasi mereka, dan Hpakant adalah wilayah yang sangat penting, kata Aung Hein Min, seorang analis politik Kachin.

"Kelompok bersenjata berusaha mengendalikan wilayah ini karena wilayah ini secara strategis penting untuk dukungan militer dan keuangan," kata Aung Hein Min, anggota parlemen terpilih untuk kotapraja Hpakant pada tahun 2020.

"Ini adalah hal yang penting untuk mengendalikan produksi batu giok."

Daerah ini menghasilkan sekitar 70 persen batu giok dunia, yang populer di negara tetangga Tiongkok, menurut para peneliti dan pakar permata.

Pada tanggal 20 Januari 2024, Pasukan Pertahanan Rakyat anti-junta dan Tentara Kemerdekaan Kachin, atau KIA, bersama-sama menyerang dan merebut Hway Hkar, sebuah bukit strategis, dari Divisi Militer ke-33 junta, yang merupakan pintu gerbang utama ke kotapraja Hpakant di negara bagian Kachin, Myanmar utara.

3 dari 4 halaman

Perebutan Wilayah

Pasukan gabungan KIA dan PDF juga mengambil alih kamp militer Nam Tein milik junta pada 2 Februari 2024, kata penduduk setempat kepada Radio Free Asia.

"Ini adalah bukit-bukit strategis tempat pasukan militer ditempatkan selama sekitar satu dekade," kata seorang warga yang enggan disebutkan namanya.

"Dewan militer telah kehilangan bukit-bukit ini setelah serangan serius yang dilakukan oleh pasukan pemberontak."

KIA dan junta biasanya mengumpulkan sekitar 20 persen produksi batu giok sebagai imbalan atas pemberian izin kepada penambang untuk melakukan penambangan di wilayah kendali mereka, menurut laporan pada bulan April 2023 dari kelompok Tata Kelola Sumber Daya Akuntabilitas Negara Bagian Kachin.

Organisasi Kemerdekaan Kachin, atau KIO – sayap politik KIA – telah bentrok dengan militer Myanmar selama beberapa dekade.

KIO terkadang bekerja sama dengan perusahaan Tiongkok dalam menambang mineral tanah jarang di negara bagian Kachin, di mana pemerintah berturut-turut telah gagal mengatur penambangan ilegal emas, batu giok, dan logam langka lainnya selama beberapa generasi.

4 dari 4 halaman

35 Kali Pertempuran Sejak Februari 2024

Pasukan Junta dan KIA telah terlibat sekitar 35 pertempuran di wilayah tersebut sejak awal Februari 2024, menurut Kolonel Naw Bu, petugas pemberitaan dan informasi KIO. KIA telah merebut total 10 kamp militer sejak bulan lalu, katanya.

"Kami tidak bisa membicarakan strategi militer kepada media," katanya kepada RFA.

"Kami tidak bisa berkata apa-apa mengenai perkembangan signifikan hingga saat ini meskipun terjadi peningkatan pertempuran."

RFA mencoba menghubungi Menteri Sosial Thant Zin Koko, juru bicara pemerintahan junta di negara bagian Kachin, untuk menanyakan tentang pertempuran oni di Hpakant, tetapi dia tidak dapat dihubungi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.