Sukses

Kumpulan Kabar Viral Tentang Komoditas Tambang, dari Emas sampai Batu Bara

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap sejumlah informasi viral tentang komoditas tambang. Lalu bagaimana fakta dari informasi viral seputar komoditas tambang tersebut? Simak hasil penelusuruannya dalam artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta- Komoditas tambang selalu menjadi topik yang menarik dan penting dalam dunia industri dan ekonomi, informasi seputar sumber daya alam tersebut pun bermunculan di tengah masyarakat.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah informasi viral tentang komoditas tambang, mulai dari emas hingga batu bara.

Lalu bagaimana fakta dari informasi viral seputar komoditas tambang tersebut? Simak hasil penelusuruannya dalam daftar berikut ini.

PT Antam Edarkan 109 Ton Emas Palsu Sejak 2010

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim ada 190 ton emas palsu dari PT Antam sejak 2010. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Threads. Akun itu mengunggahnya pada 3 Juni 2024.

Dalam postingannya terdapat cuplikan layar berita berjudul "Geger! Enam Petinggi PT Antam Jadi Tersangka Karena Palsukan 109 Ton Emas, Modusnya Ditempel Logo Antam Secara Ilegal"

Akun itu menambahkan narasi

"Mati sudah kita PT ANTAM memalsukan 109 ton emas batang ANTAM sejak 2010 di edarkan bersamaan dengan ANTAM Asli šŸ˜‚šŸ˜‚ ..Bgmana dengan emas batangmu gaes ..kira kira oriji"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim ada 190 ton emas palsu dari PT Antam sejak 2010? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PLN Bakal Padamkan Listrik Meluas Mulai 5 Januari 2022 Akibat Krisis Pasokan Batu Bara

Beredar di media sosial maupun aplikasi percakapan postingan terkait PLN mengalami krisis pasokan batu bara sehingga akan memadamkan listrik secara meluas mulai 5 Januari 2022. Postingan ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 3 Januari 2022.

Dalam akunnya terdapat postingan gambar berjudulĀ "PLN Krisis Pasokan Batubara, Januari 2022 Dipastikan Padam"

Akun itu juga menambahkan narasiĀ "Ujung Ujung Yah Listrik Naek"

Postingan serupa juga ditemukan di aplikasi percakapan. Postingan itu disertai narasiĀ "FYI Bapak Ibu Persiapan Mati Lampu"

Lalu benarkah postingan yang menyebut PLN mengalami krisis pasokan batu bara sehingga akan memadamkan listrik secara meluas mulai 5 Januari 2022? Simak dalam artikel berikutĀ ini...

Ā 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun , tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautanĀ berikutĀ ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.