Sukses

Pakai Tatapan hingga Sentuhan, Begini Cara Gajah Ngobrol dengan Temannya

Setiap hewan memiliki caranya masing-masing untuk berkomunikasi dengan sesamanya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap hewan memiliki caranya masing-masing untuk berkomunikasi dengan sesamanya, termasuk gajah.

Gajah berkomunikasi dengan teman-temannya menggunakan telinga mereka, dengan cara menciptakan suara gemuruh dan gerak tubuh lainnya yang disengaja.

Penelitian yang diterbitkan "Jurnal Communications Biology" pada 9 Mei 2024 menunjukkan bahwa gajah berkomunikasi secara sengaja menggunakan sapaan yang disesuaikan dengan apa yang sedang dilakukan rekan gajah lainnya.

Misalnya saat seekor gajah sedang memperhatikan, gajah lainnya akan cenderung menggunakan isyarat visual. Sementara jika sedang tidak fokus, gajah lainnya lebih cenderung menggunakan sentuhan.

"Bagi saya, sangat menarik untuk akhirnya melakukan hal ini, untuk akhirnya memahami bagaimana mereka menggunakan tubuh untuk berkomunikasi," kata penulis studi Vesta Eleuteri, mahasiswa pascasarjana di Universitas Wina, seperti dilansir Live Science, Senin (13/5/2024).

"Sungguh mengejutkan bahwa mereka sangat bergantung pada cara berkomunikasi ini, namun hal ini diabaikan," sambungnya.

Sebelumnya, para ilmuwan telah mengetahui bahwa gajah berkomunikasi dari jarak bermil-mil jauhnya menggunakan suara gemuruh yang terlalu pelan untuk didengar manusia. Namun, telinga besar memungkinkan mereka mendengar suara tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerap Saling Tatap

Dalam studi terbaru ini, Eleuteri dan timnya menemukan bahwa membuat suara gemuruh pelan yang disertai kepakan telinga merupakan bentuk sapaan paling umum yang dilakukan oleh para gajah.

"Kombinasi gerakan ini secara berulang menunjukkan bahwa gajah ingin berkomunikasi," kata Eleuteri.

Selain itu, gajah juga biasanya saling memandang sebelum memberi isyarat guna memperkuat gagasan tersebut.

 

 

3 dari 3 halaman

Miliki Indra Penciuman yang Sangat Baik

Selain memiliki pendengaran yang tajam, belalai yang panjang juga membuat mereka memiliki indra penciuman yang sangat baik. Mereka dapat mengetahui usia, kekerabatan dan kelompok sosial makhluk hidup lainnya, baik di antara kelompok gajah maupun manusia.

Sementara jika dibandingkan dengan manusia, gajah relatif memiliki penglihatan yang relatif buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.