Sukses

9 April 2014: Penikaman Massal di SMA Franklin AS Lukai 24 Orang, Murid yang Jadi Tersangka

Laporan CBS News menyebut serangan penikaman massal di Franklin Regional High School terjadi di lorong-lorong yang ramai hanya beberapa menit sebelum sekolah dimulai.

Liputan6.com, Murrysville - Insiden berdarah terjadi di Franklin Regional High School (Sekolah Menengah/ SMA Regional Franklin) di Murrysville, Westmoreland County, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) pada 9 April 2014. Penikaman massal mengakibatkan 24 orang terluka.

Laporan CBS News menyebut serangan penikaman massal itu terjadi di lorong-lorong yang ramai hanya beberapa menit sebelum sekolah dimulai.

Seorang penjaga keamanan sekolah melaporkan penikaman tersebut pada pukul 7:13 pagi.

Westmoreland County memperbarui jumlah korban pada Rabu 9 April 2014 malam, mengatakan 24 orang terluka. (21 siswa ditusuk, 1 satpam ditusuk, dan 2 lainnya luka-luka).

Setidaknya lima siswa terluka parah akibat penusukan tersebut, termasuk seorang anak laki-laki yang menggunakan ventilator setelah pisau menusuk liver, jantung dan aortanya beberapa milimeter, kata dokter. Seorang petugas sekolah yang terluka sudah dipulangkan.

Saksi mata mengatakan anak laki-laki yang membawa pisau itu mula-mula menyerang seorang siswa baru dan menikam perutnya, lalu bangkit dan berlari dengan liar di aula, melukai mahasiswa lainnya dengan benda tajam tersebut.

Nate Moore yang berusia 15 tahun mengatakan dia melihat serangan pertama dan hendak mencoba menghentikannya ketika anak laki-laki itu bangkit dan menyayat wajahnya, sehingga membutuhkan 11 jahitan.

"Cepat sekali. Rasanya seperti dia memukul saya dengan lap basah karena merasakan ada cipratan darah di wajah. Semburan di dahi saya," ujar Nate Moore.

Penyerang "memiliki ekspresi yang sama di wajahnya setiap hari, dan itu merupakan bagian yang paling aneh," kata Moore. "Dia tidak mengatakan apa-apa. Dia tidak menunjukkan kemarahan di wajahnya. Itu hanya ekspresi kosong."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Murid Baik yang Jadi Tersangka

Outlet berita KDKA telah mengonfirmasi bahwa Alex Hribal, 16 tahun, adalah tersangka yang ditangkap karena penikaman tersebut. Dia adalah siswa kelas dua di sekolah menengah tersebut.

Dia diangkut dari Departemen Kepolisian Murrysville dengan mobil polisi, dan dilaporkan dibawa ke rumah sakit setempat karena luka ringan, dan kemudian dikembalikan.

Hribal kini didakwa dengan empat dakwaan percobaan pembunuhan, 21 dakwaan lainnya mengamuk dengan pisau.

Penyelidik belum menentukan motifnya, namun Seefeld mengatakan mereka sedang menyelidiki laporan adanya panggilan telepon yang mengancam antara tersangka dan siswa lain pada malam sebelumnya. Seefeld tidak merinci apakah tersangka dilaporkan menerima atau melakukan panggilan tersebut.

Michael Float, seorang siswa senior berusia 18 tahun, mengatakan dia baru saja tiba di sekolah ketika dia melihat "darah bersimbah di lantai dan berlumuran di dinding dekat pintu masuk utama". Kemudian dia melihat seorang siswa yang terluka.

"Dia menarik bajunya dan berteriak, 'Tolong! Tolong!'," kata Float. "Dia mendapat luka tusukan tepat di kanan atas perutnya, darah bercucuran."

Float mengatakan dia melihat seorang guru memberikan tekanan pada luka siswa lain yang ditusuk.

Float mengaku mengetahui siapa tersangkanya, namun tidak mengenalnya secara pribadi. "Saya dengar dia anak yang sangat baik. Saya tidak tahu apa yang mendorongnya melakukan hal itu," tutur Float.

 

 

3 dari 4 halaman

Upaya Cegah Melumpuhkan Tersangka Bersenjata Dua Pisau

Jeff Dahlke dari perusahaan keamanan yang memberikan keamanan untuk Sekolah Menengah Regional Franklin mengatakan tersangka bersenjatakan dua pisau.

"Alarm berbunyi, dan para siswa mulai bergegas keluar, penjaga keamanan di luar bergegas masuk, dan mendatangi supervisornya, dan seorang wakil kepala sekolah yang menahan tersangka di lapangan dan mencoba mengendalikannya, dan mencoba untuk menangkap tersangka. senjata menjauh darinya," kata Dahlke.

Polisi mengatakan penjaga keamanan itu ditikam di bagian perut.

Rumah Sakit UPMC Presby mengatakan seorang korban berusia 17 tahun mendapat bantuan alat bantu hidup dan berada dalam kondisi kritis. Dokter mengatakan tampaknya pisau besar digunakan dalam penikaman tersebut, menyebabkan kerusakan, namun tidak mengenai jantung remaja tersebut.

Dua pelajar korban berada dalam kondisi kritis, menurut Dr. Mark Rubino dari Forbes Medical Center.

CEO Rumah Sakit Forbes memberi tahu Heather Abraham dari KDKA bahwa salah satu siswa memberikan tekanan kepada teman sekelasnya yang terluka, yang mungkin menyelamatkan nyawa siswa tersebut.

Beberapa rumah sakit setempat melaporkan pasien dibawa ke rumah sakit mereka. Berikut rincian korbannya.

  • 8 di Forbes Hospital
  • 5 di UPMC TimurUPMC East
  • 4 di UPMC Children's Hospital
  • 1 di UPMC Mercy
  • 1 di UPMC Presby
  • 1 di Allegheny General Hostpital

Lima pasien telah dipulangkan, termasuk tiga anak laki-laki berusia 15 tahun, seorang anak perempuan berusia 16 tahun dan seorang dewasa, yang diyakini adalah petugas sekolah yang hanya menderita luka ringan.

Pejabat rumah sakit mengatakan pasien berusia antara 15 hingga 60 tahun.

 

4 dari 4 halaman

Saksi Sebut Alarm Kebakaran Penyelamat Siswa

Menurut seorang saksi, penikaman terjadi di bagian sayap gedung sains.

"Salah satu siswa membunyikan alarm, kata putri saya, setelah kejadian itu terjadi untuk mensterilisasi sekolah. Dia melaporkan kepada saya bahwa itu adalah siswa kelas 10," kata orang tua Tim Graham kepada KDKA.

Kepala sekolah mengatakan seseorang, mungkin seorang murid, membunyikan alarm kebakaran setelah melihat beberapa korban ditikam. Meskipun hal ini menimbulkan kekacauan, katanya, hal ini juga mengakibatkan siswa berlarian keluar sekolah ke tempat yang aman lebih cepat dibandingkan jika tidak melakukannya.

"Alarm kebakaran yang dibunyikan mungkin membantu evakuasi sekolah dan hal itu merupakan hal baik yang dilakukan," kata Seefeld.

Beberapa siswa memberi tahu kami bahwa siswa Regional Franklin, Nate Scimio, menyalakan alarm kebakaran dan ditikam.

Scimio memposting foto di akun Instagram-nya yang menunjukkan dia berada di Children's Hospital dengan luka tusuk di lengan.

Distrik Sekolah Regional Franklin mengatakan sekolah menengah (SMA) atas akan ditutup selama beberapa hari ke depan setelah insiden penikaman, tetapi sekolah menengah pertama dan sekolah dasar akan dibuka keesokan hari.

Juru bicara Keamanan Publik Westmoreland County Dan Stevens mengatakan, "Kami belum kehilangan nyawa. Itu yang harus kami ingat."

 

Gubernur Tom Corbett mengeluarkan pernyataan yang berbunyi:

"Saya terkejut dan sedih setelah mengetahui peristiwa yang terjadi pagi ini ketika para siswa tiba di Franklin Regional High School. Sebagai orang tua dan kakek-nenek, saya tidak dapat memikirkan hal yang lebih menyedihkan daripada kekerasan yang tidak masuk akal terhadap anak-anak. Hati dan doa saya tertuju kepada semua korban dan keluarga mereka."

"Saya telah mengarahkan Kepolisian Negara Bagian Pennsylvania untuk membantu penegakan hukum setempat dalam penyelidikannya dengan cara apa pun. Sumber daya negara bagian lainnya akan tersedia bagi masyarakat, jika diperlukan. Saya meyakinkan warga Murrysville bahwa mereka mendapat dukungan penuh dari pemerintahan saya."

 

Sementara itu, Senator Bob Casey mengeluarkan pernyataan ini:

"Saya terkejut dengan tragedi yang tidak masuk akal di Sekolah Menengah Regional Franklin. Sekolah kita harus menjadi tempat di mana anak-anak dapat belajar dan tumbuh tanpa rasa takut akan kekerasan. Saya terinspirasi oleh keberanian personel sekolah dan siswa, dan saya bersyukur atas tindakan heroik tersebut. kerja para petugas pertolongan pertama, tenaga darurat dan medis yang merawat mereka yang terluka. Pikiran dan doa saya bersama para korban, keluarga mereka dan seluruh Distrik Sekolah Regional Franklin."

Menteri Pendidikan AS Arne Duncan juga mengeluarkan pernyataan belasungkawa:

"Kami sedih atas penikaman hari ini di Sekolah Menengah Regional Franklin. Duka kami tertuju pada para siswa dan staf yang terluka, serta keluarga mereka, siswa dan guru lain di sekolah tersebut, dan komunitas Murrysville pada umumnya. Tragedi yang menimpa komunitas-baik baik itu sekolah di dalam kota atau di sekolah pinggiran kota di kota yang tenang-berdampak pada kita semua. Ketika kita mengirim anak-anak kita ke sekolah setiap hari, kita berharap mereka pulang ke rumah dengan selamat. Staf dan siswa di setiap sekolah berhak untuk bekerja dan belajar dalam kondisi yang baik. lingkungan yang aman. Kami akan melakukan segala daya kami untuk membantu dan mendukung siswa, staf sekolah, dan komunitas Murrysville di masa yang meresahkan ini."

Uskup Lawrence Brandt, dari Keuskupan Katolik Greensburg, juga mengeluarkan pernyataan mengenai tragedi tersebut:

"Kita semua menderita ketika kekerasan menghancurkan kehidupan. Kita berdoa untuk perdamaian di rumah kita, sekolah kita, tempat kerja kita dan dunia kita. Semoga Tuhan mendengar doa kita, melindungi anak-anak kita, dan memberikan kekuatan, kedamaian dan harapan bagi semua yang terkena dampak tragedi ini. "

Sebuah pernyataan dari salah satu pejabat, Tim Murphy antara lain berbunyi: "Hati kami tertuju kepada para siswa Sekolah Menengah Regional Franklin dan keluarga-keluarga di seluruh distrik sekolah. Mereka ada dalam doa kami malam ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini