Sukses

Balas Dendam Drone Ditembak Hizbullah, Israel Serang Kompleks Militer dan 3 Lokasi Infrastruktur di Lebanon Timur

Sebuah sumber yang dekat dengan Hizbullah mengatakan kepada koresponden AFP di wilayah Baalbek, Lebanon timur, bahwa serangan tersebut menargetkan Janta dan Sifri di Bekaa Valley.

Liputan6.com, Baalbek - Militer Israel mengatakan pada Minggu (7/4/2024) bahwa pesawat-pesawat tempurnya telah menyerang situs-situs Hizbullah di Lebanon timur, di mana kelompok yang didukung Iran mempunyai kehadiran yang kuat. Serangan itu diklaim sebagai pembalasan atas salah satu drone mereka yang ditembak jatuh.

Sebuah sumber yang dekat dengan Hizbullah mengatakan kepada koresponden AFP di wilayah Baalbek, Lebanon timur, bahwa serangan tersebut menargetkan Janta dan Sifri di Bekaa Valley.

Militer Israel mengatakan melalui Telegram bahwa "jet tempur menyerang kompleks militer dan tiga lokasi infrastruktur teroris lainnya milik jaringan pertahanan udara Hizbullah" di wilayah tersebut.

Dikatakan bahwa serangan itu adalah "balas dendam atas serangan di mana sebuah drone tentara Israel ditembak jatuh oleh rudal darat ke udara pada hari Sabtu (6/4)".

Sifri berada di dataran Bekaa Valley, sedangkan di dekatnya Janta adalah wilayah pegunungan gersang yang dekat dengan perbatasan dengan Suriah.

Sumber dari Pertahanan Sipil Lebanon mengatakan tidak ada korban jiwa.

Israel dan Hizbullah hampir setiap hari saling baku tembak lintas perbatasan sejak kelompok militan Palestina Hamas melakukan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel selatan pada 7 Oktober, yang memicu perang di Gaza.

Sekutu Hamas, Hizbullah, umumnya menargetkan posisi Israel di dekat perbatasan, sementara Israel telah melakukan serangan lebih dalam ke wilayah Lebanon, juga menargetkan komandan kelompok militan Muslim Syiah.

Hizbullah mengumumkan telah menembak jatuh drone Hermes 900 Israel di wilayah Lebanon pada Sabtu malam, setelah awalnya mengidentifikasinya sebagai Hermes 450.

National News Agency (NNA) milik pemerintah Lebanon mengatakan sasaran serangan Israel di Sifri adalah sebuah "hangar".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serangan Israel Sebelumnya

Israel melancarkan serangan serupa terhadap sasaran Hizbullah di Lembah Bekaa pada bulan Februari lalu, setelah kelompok tersebut mengatakan mereka telah menembak jatuh drone Israel lainnya.

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan dalam pidatonya di televisi pada hari Jumat (5/4) bahwa gerakannya belum menggunakan senjata "utama", dan menegaskan kembali bahwa Hizbullah akan menghentikan serangannya hanya ketika perang di Gaza berakhir.

Permusuhan lintas batas telah menewaskan sedikitnya 359 orang di Lebanon, sebagian besar adalah pejuang Hizbullah, tetapi juga sedikitnya 70 warga sipil, menurut penghitungan AFP.

Pertempuran tersebut telah membuat puluhan ribu orang mengungsi di Lebanon selatan dan Israel utara, di mana menurut militer 10 tentara dan delapan warga sipil tewas.

Pada hari Sabtu (6/4), Risala Scout association, yang berafiliasi dengan gerakan Amal yang bersekutu dengan Hizbullah dan mengoperasikan tim darurat di Lebanon selatan, mengatakan seorang penyelamat telah meninggal.

Seorang pejabat dari kelompok tersebut mengatakan kepada AFP bahwa dia terluka beberapa hari sebelumnya di Lebanon selatan.

Secara terpisah, NNA melaporkan bahwa seorang wanita yang sebelumnya terluka dalam serangan "drone musuh" di desa perbatasan Yarin juga meninggal karena luka-lukanya.

Permusuhan tersebut telah meningkatkan kekhawatiran akan konflik besar-besaran antara Hizbullah dan Israel, yang terakhir berperang pada tahun 2006.

3 dari 3 halaman

Cucu Pemimpin Hizbullah Dilaporkan Tewas dalam Serangan Israel di Lebanon

Sebelumnya, cucu Sekretaris Jenderal (sekjen) Hizbullah Hassan Nasrallah dilaporkan terbunuh pada akhir pekan lalu dalam serangan Israel di Lebanon selatan.

Kelompok yang didukung Iran tersebut mengumumkan bahwa Abbas Ahmed Khalil adalah salah satu militan yang terbunuh "dalam perjalanan menuju Yerusalem", sebuah ungkapan yang digunakan Hizbullah untuk menggambarkan mereka yang terbunuh oleh serangan Israel sejak dimulainya perang Israel Vs Hamas di Gaza.

Beberapa jam setelah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober dan awal pengeboman Israel di Gaza, Hizbullah mengumumkan dimulainya serangannya terhadap Israel hingga gencatan senjata tercapai.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.