Sukses

Untuk Pertama Kalinya Presiden Senegal Terpilih Beristri 2, Istri Keduanya Sempat Viral

Ini adalah pemandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam politik nasional negara Afrika Barat. Presiden Senegal beristri dua.

Liputan6.com, Dakar - Di saat-saat terakhir kampanye pemilu, presiden terpilih Senegal Bassirou Diomaye Faye (BDF), yang akan dilantik sebagai pemimpin baru negara itu pada hari Selasa 2 April 2024, naik ke panggung sambil memegang tangan kedua istrinya, Marie dan Absa.

Laporan AP yang dikutip Selasa (2/4/2024) menyebut, ini adalah pemandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam politik nasional negara Afrika Barat dan merupakan pilihan yang jelas dari pemenang putaran pertama yang menjanjikan perubahan radikal.

Poligami adalah praktik tradisional dan keagamaan yang tertanam kuat dalam budaya Senegal yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Adapun istri presiden Senegal, Marie Khone yang hingga kini tak pernah menjadi sorotan, berasal dari desa yang sama dengan Faye yang berusia 44 tahun. Mereka menikah 15 tahun lalu dan memiliki empat anak.

Dia menikahi istri keduanya Absa lebih dari setahun yang lalu.

"Ini adalah pengakuan tertinggi terhadap tradisi poligami di kalangan petinggi negara, dengan situasi yang mencerminkan realitas Senegal," kata sosiolog Djiby Diakhate.

Banyak laki-laki memuji praktik ini sementara perempuan cenderung tetap "tidak percaya", tambahnya.

Poligami telah lama menimbulkan kontroversi dan penampilan publik Presiden BDF, begitu ia dikenal, dengan kedua istrinya di sisinya dan didukung oleh ribuan pendukungnya telah menjadikannya topik pembicaraan utama di media, online dan di rumah, sehingga memicu beragam reaksi.

“Menjadi istri kedua lebih cocok untukku daripada menjadi yang pertama," kata penyanyi ternama Mia Guisse bangga dalam video yang baru-baru ini menjadi viral.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Situasi Benar-benar Baru, Protokol Negara Harus Ditinjau Ulang

Dalam novelnya yang terbit tahun 1979, "So Long a Letter", penulis Senegal Mariama Ba sangat kritis terhadap poligami, menggambarkan rasa sakit dan kesepian seorang wanita setelah suaminya mengambil istri kedua yang lebih muda.

Banyak serial TV populer dalam beberapa tahun terakhir, seperti "Mistress of a Married Man" atau "Polygamy", yang mengeksplorasi naik turunnya kehidupan keluarga dalam rumah tangga poligami.

Mantan menteri kebudayaan dan profesor sejarah Senegal Penda Mbow mengatakan situasi perkawinan di istana presiden saat ini "benar-benar baru".

"Sampai saat ini Ibu Negara hanya ada satu. Artinya seluruh protokol harus ditinjau ulang,' imbuhnya.

Poligami tersebar luas di Senegal khususnya di daerah pedesaan dan dianggap sebagai cara untuk memperluas keluarga.

Adapun Islam membolehkan laki-laki beristri hingga empat orang asalkan mereka mampu secara finansial. Dalam kasus seperti ini, diperlukan waktu yang sama dan bergantian bersama para istri, antara dua hingga tiga hari.

3 dari 4 halaman

32,5 % Orang Senegal yang Menikah Poligami, Sinyal Kuat Presiden Publikasikan Poligami

Banyak pernikahan yang tidak terdaftar di Senegal, sehingga sulit untuk mengetahui secara pasti berapa banyak pernikahan yang berpoligami. Namun menurut laporan badan statistik dan demografi nasional pada tahun 2013, 32,5 persen orang Senegal yang menikah melakukan poligami.

Usia rata-rata perempuan pada saat menikah adalah 40,4 tahun dan laki-laki 52,9 tahun, kata laporan itu.

Diakhate, sosiolog, mengatakan Presiden Faye telah mengirimkan "sinyal kuat agar laki-laki lain juga menerima poligami mereka dan agar mereka menunjukkan transparansi seperti dia".

Diakhate mengatakan "tidak diragukan lagi ada keinginan" untuk mengakhiri poligami tersembunyi -- yang dikenal dalam bahasa Wolof sebagai Takou Souf -- yang dia tambahkan akan menjadi "hal yang baik bagi perekonomian negara dan situasi perkawinan".

Menanggapi para pengkritiknya, presiden terpilih, yang meraih 54,28 persen dalam pemilu tanggal 24 Maret, tidak menunjukkan apa-apa selain rasa bangga terhadap situasi keluarganya.

"Saya punya anak-anak yang cantik karena saya punya istri yang luar biasa. Mereka sangat cantik. Saya bersyukur kepada Tuhan mereka selalu mendukung saya sepenuhnya," ujarnya saat mencalonkan diri sebagai presiden.

 

 

4 dari 4 halaman

Model Perkawinan yang Ditentukan oleh Sejarah Setiap Bangsa

Sosiolog terkenal Fatou Sow Sarr mengatakan di X, sebelumnya Twitter, bahwa "poligami, monogami, poliandri adalah model perkawinan yang ditentukan oleh sejarah setiap bangsa".

"Model-model ini sekarang bersaing dengan pernikahan homoseksual," tambahnya, di negara di mana homoseksualitas dapat dihukum antara satu hingga lima tahun penjara.

“Saya benar-benar berpikir bahwa Barat tidak memiliki legitimasi untuk menilai budaya kita,” tambah Sarr dalam pesan lanjutannya di X.

Namun demikian, banyak perempuan Senegal yang menganggap poligami munafik dan tidak adil, sementara Komite Hak Asasi Manusia PBB mengatakan dalam laporan tahun 2022 bahwa poligami merupakan diskriminasi terhadap perempuan dan harus diakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini