Sukses

Meriahnya Perayaan Holi 2024 di Indonesia, Lempar Serbuk Warna hingga Joget Bareng Penari Asli India

Holi, Perayaan rutin yang dilakukan di India tahun ini juga dirayakan di Indonesia. Berbagai macam keseruan dan hiburan disediakan. Berikut ini ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Holi adalah festival yang populer dan rutin dilakukan di India. Meriah dan penuh warna, perayaan ini merayakan semangat cinta dan kebersamaan, menjadikannya salah satu perayaan rutin paling populer di India.

Tahun ini, Perayaan Holi juga dilaksanakan di Indonesia oleh India Club Jakarta yang bekerja sama dengan JNICC atau Jawaharlal Nehru Indian Culture yang berperan mewujudkan hubungan budaya antara India dan Indonesia.

Dalam rangka Holi Festival dan merayakan 75 tahun hubungan diplomasi antara India dan Indonesia, digelarlah sebuah perayaan di Taman Buperta (Bumi Perkemahan dan Graha Wisata), Cibubur, Jakarta Timur pada Sabtu, (23/3/2024).

Sandeep Chakravorty, selaku Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste secara langsung membuka dan meresmikan festival ini. Ia juga mengucapkan terima kasih dan berharap agar semua orang menikmati festival ini dan menikmati Holi selama Festival berlangsung.

"Terima kasih sudah ikut merayakan Holi bersama kami, selamat menikmati acaranya dan bersenang-senang," ucap Sandeep Chakravorty.

Selain dari Kedutaan Besar (Kedubes) India, tamu undangan juga berasal dari Indonesia dan Jerman yang turut menyaksikan dan meramaikan perayaan Holi.

Panitia acara mempersiapkan warna untuk digunakan peserta selama Holi berlangsung. Warna cerah seperti merah, kuning, hijau, biru dan ungu disediakan dalam bentuk serbuk yang nanti akan dapat digunakan sebagai media untuk dilemparkan atau melukis di wajah orang lain.

Selain itu, air bersih juga sudah disediakan agar peserta dapat bermain air sekaligus membersihkan dirinya saat perayaan sudah selesai. Acara ini tidak hanya menjadi perayaan warna, tetapi juga simbol persatuan dan kebersamaan antara satu sama lain.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemeriahan Perayaan Holi

Para pengunjung Festival Holi di Jakarta datang dari berbagai negara, terutama India sebagai negara yang memiliki tradisi ini. Di antara warna-warni festival, terdengar berbagai bahasa yang mewakili keanekaragaman yang hadir.

Pantauan Liputan6.com di lokasi acara, festival ini juga dimeriahkan dengan musik dan tarian yang begitu semarak. Para pengunjung dapat menikmati berbagai jenis musik India yang enerjik seperti Bollywood dan musik tradisional India yang diputar secara live, membuat para peserta bergoyang mengikuti irama musik.

Kedutaan India juga mendatangkan rombongan penari 'Parabitha Kendra' langsung dari India untuk menampilkan tarian-tarian khas dari negaranya, dan menampilkan atraksi-atraksi luar biasa di atas panggung, seperti meletakkan mangkuk- mangkuk besar di atas kepalanya sambil berdiri di atas dua gelas.

Tarian yang dibawakan merupakan bagian dari budaya India dan mencerminkan kegembiraan perayaan Holi yang menyenangkan dan membuat pengunjung lebih mengetahui tarian khas India.

Kehadiran Pratibha Kala Kendra di Festival Holi menjadi lebih meriah dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung yang hadir.

 

 

3 dari 4 halaman

Festival Holi di Berbagai Negara

Festival Holi di satu negara kemungkinan memiliki perbedaan tanggal di negara lain. Seperti apa keseruan perayaan festival penuh warna tersebut? Simak rangkuman Agoda di bawah ini:

1. Goa, India

India merupakan destinasi yang tepat jika ingin menyaksikan keseruan Festival Holi. Anda dapat menuju Goa, salah satu wilayah yang disebut sebagai pusat pesat di India. Akan ada selebrasi meriah dengan melempar balon air atau gulal.

Untuk menikmati perayaan ini, Anda dan kawan-kawan juga harus memikirkan tempat menginap. Satu rekomendasinya adalah di Amore Manolita yang memiliki dapur dan dapat mempersiapkan campuran warna-warna organik dan ramah lingkungan.

2. Pokhara, Nepal

Selain India, perayaan Holi di Nepal juga tak kalah meriah. Sehari sebelum dimulai, ada momen untuk menyalakan api unggun yakni sebagai lambang kemenangan kebaikan atas kebatilan. Ingin ikut dalam selebrasi? Jangan lupa untuk mengolesi kulit dengan pelembab dan memoles kuteks pada kuku.

Hal tersebut dilakukan agar Anda dapat membersihkan diri setelah perayaan. Tak ketinggalan, semarak Festival Holi dapat anda tutup dengan pemandangan memukau di Fishtail Lodge atau Pavilions Himalayas.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat pun memiliki keunikan tersendiri yang serupa dengan Festival Holi yakni Festival of Colors di Los Angeles. Perayaan ini menghadirkan musik, yoga, dan lainnya. Anda dapat menginap di Bissell House Bed & Breakfast di Pasadena yang lokasinya tak terlalu jauh dari perayaan.

4 dari 4 halaman

Kisah Mitologi di Balik Festival Holi

Di balik perayaan Holi yang meriah, tahukah Anda sebuah cerita menarik tentang cinta dari mitologi Hindu mengenai Krishna dan Radha?

Krishna, seorang dewa dengan warna kulit biru, sering merasa iri dengan kecantikan  kulit Radha.

Ia bahkan mengeluh kepada ibunya tentang hal ini. Untuk menghibur Krishna, ibunya memberikan saran pada Radha untuk mengubah warna kulitnya.

Saran tersebut adalah untuk mengolesi kulit dengan cat yang memiliki warna serupa dengan Krishna. Masyarakat India kemudian mempercayai bahwa dengan mengolesi kulit, seseorang bisa dicintai oleh orang lain.

Festival Holi, yang terinspirasi dari kisah cinta Krishna dan Radha, menjadi perayaan yang meriah dan berwarna. Festival ini dirayakan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bahkan yang telah lanjut usia.

Selain saling melemparkan bubuk warna, anak-anak juga senang menyemprotkan air kepada orang lain sebagai bagian dari tradisi perayaan. Atmosfer festival Holi selalu penuh kegembiraan, di mana orang-orang berkumpul di jalanan untuk merayakan persahabatan, kebersamaan, dan kegembiraan.

Perayaan Holi tidak hanya menjadi momen untuk bersenang-senang, tetapi juga untuk merayakan keindahan persahabatan dan kebersamaan. Kisah cinta antara Krishna dan Radha menjadi inspirasi bagi banyak orang dalam menyemarakkan festival ini dengan warna-warni kebahagiaan dan kasih sayang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.