Sukses

Anta Babacar Ngom Satu-satunya Capres Perempuan dalam Pilpres Senegal Sejak 2012, Harapan bagi Kemajuan Kesetaraan

Hanya sedikit orang yang memperkirakan Ngom akan menjadi salah satu kandidat utama untuk presiden Senegal, namun para aktivis mengatakan fakta bahwa seorang perempuan mencalonkan diri dalam pilpres Senegal untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir mencerminkan bagaimana perempuan bergerak maju dalam perjuangan untuk kesetaraan.

Liputan6.com, Dakar - Satu-satunya calon presiden perempuan di Senegal mungkin memiliki peluang yang kecil atau bahkan tidak sama sekali untuk menang dalam pemilu yang berlangsung pada Minggu (24/3/2024), namun para aktivis mengatakan kehadirannya membantu memajukan kampanye selama puluhan tahun untuk mencapai kesetaraan gender di negara Afrika Barat tersebut.

Anta Babacar Ngom, seorang eksekutif bisnis berusia 40 tahun, merupakan suara bagi perempuan dan generasi muda – kelompok yang paling terpukul oleh masalah ekonomi negara, pengangguran yang meluas, dan kenaikan harga-harga. Dia telah berjanji untuk menciptakan jutaan lapangan kerja dan bank bagi perempuan untuk mendukung kemandirian ekonomi mereka.

"Negara kita mempunyai potensi yang sangat besar. Sumber daya alamnya ada dan bisa dikembangkan," katanya kepada AP, seperti dilansir Jumat (22/3). "Perempuan-perempuan muda yang saya temui meminta dukungan saya. Mereka melakukan hal ini karena mereka tahu bahwa ketika perempuan berkuasa, dia akan mengakhiri penderitaan mereka. Saya tidak akan melupakannya."

Hanya sedikit orang yang memperkirakan Ngom akan menjadi salah satu kandidat utama untuk presiden, namun para aktivis mengatakan fakta bahwa seorang perempuan mencalonkan diri dalam pilpres Senegal untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir mencerminkan bagaimana perempuan bergerak maju dalam perjuangan untuk kesetaraan.

"Kami harus berada di sana, meski kami tidak punya peluang," kata Selly Ba, seorang aktivis dan sosiolog. "Kami tidak memiliki peluang dalam pemilu ini. Namun, penting bagi kita untuk memiliki kandidat perempuan, perempuan yang ikut bersaing."

Ngom adalah kandidat perempuan pertama yang mencalonkan diri sebagai presiden dalam lebih dari satu dekade terakhir. Hal ini disebut mencerminkan betapa lambatnya kemajuan yang dicapai para aktivis, yang mengatakan bahwa telah terjadi pergeseran di kalangan generasi muda ke arah pandangan yang lebih tradisional mengenai peran perempuan dalam masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemunduran dan Keseimbangan

Beberapa perempuan muda di Senegal dilaporkan kembali ke konsep pernikahan tradisional, kata Marieme Wone Ly, perempuan pertama yang memimpin partai politik di Senegal lebih dari dua dekade lalu.

"Kami harus sangat berhati-hati. Ada kemunduran tertentu," katanya, mengacu pada bagaimana interpretasi yang salah terhadap Islam dapat melawan kekuatan kemajuan menuju kesetaraan. "Kami sedikit mengalami kemunduran meskipun ada keseimbangan."

Sepanjang tahun 1990-an, perempuan Senegal melakukan mobilisasi melalui organisasi akar rumput. Negara ini menunjuk perdana menteri perempuan pertama pada tahun 2001 dan pada tahun 2010 sebuah undang-undang yang mewajibkan semua partai politik untuk memasukkan kesetaraan gender dalam daftar pemilih membantu meningkatkan partisipasi perempuan dalam politik.

"Hak-hak perempuan telah berkembang di tingkat politik selama 10 tahun terakhir dan khususnya sejak undang-undang kesetaraan gender diberlakukan," kata Bousso Sambe, mantan anggota parlemen, seraya menambahkan bahwa perempuan belum memanfaatkan undang-undang tersebut secara sistematis.

3 dari 3 halaman

Keseimbangan

Pada tahun 2012, dua perempuan mencalonkan diri sebagai presiden dan meskipun mereka masing-masing memperoleh kurang dari 1 persen suara, para analis mengatakan partisipasi mereka penting. Perempuan di Senegal kini menguasai lebih dari 40 persen parlemen, salah satu tingkat keterwakilan tertinggi di Afrika.

"Sangat penting untuk mencapai keseimbangan antara evolusi modern dan penghormatan terhadap adat istiadat kita. Perempuan harus mampu mengekspresikan diri mereka tanpa hambatan, dengan tetap menjaga identitas budaya kita dan menghargai nilai-nilai tradisional yang telah membentuk masyarakat kita," tutur Ngom kepada AP.

Ngom, yang menjalankan perusahaan makanan milik keluarga, menjadikan perekonomian sebagai fokus kampanyenya, yang menurut sebagian besar analis merupakan masalah utama bagi masyarakat. Kesulitan ekonomi telah mendorong ribuan warga Senegal melakukan perjalanan berbahaya untuk mencari kehidupan yang lebih baik di Barat.

Pendukung Ngom mengatakan mereka bangga mendukung kandidat perempuan dan berharap adanya perubahan pada pemerintahan berikutnya.

"Anak-anak kami sekarat di laut karena pengangguran dan ketidakamanan pekerjaan. Pengangguran merupakan hal yang endemik. Perempuan sudah lelah," kata aktivis Aicha Ba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.