Sukses

Israel Tolak Proposal Gencatan Senjata Hamas, PM Benjamin Netanyahu: Tidak Ada Solusi Lain

Gencatan senjata Gaza: PM Israel Benjamin Netanyahu menolak persyaratan gencatan senjata yang diusulkan Hamas.

Liputan6.com, Gaza - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak usulan persyaratan gencatan senjata Hamas dan mengatakan "kemenangan total" di Gaza mungkin terjadi dalam beberapa bulan.

Benjamin Netanyahu berbicara setelah Hamas mengajukan serangkaian tuntutan sebagai tanggapan terhadap proposal gencatan senjata yang didukung Israel.

PM Netanyahu mengatakan negosiasi dengan kelompok tersebut "tidak akan berhasil" dan menggambarkan persyaratan mereka sebagai hal "aneh".

Pembicaraan terus dilakukan untuk mencapai kesepakatan.

"Tidak ada solusi lain selain kemenangan penuh dan final," kata PM Netanyahu dalam konferensi pers pada hari Rabu 7 Februari 2024 seperti dikutip dari BBC.

"Jika Hamas bisa bertahan di Gaza, itu hanya masalah waktu sampai terjadinya pembantaian berikutnya."

Israel diperkirakan akan mempermasalahkan tawaran balasan Hamas, namun tanggapan ini merupakan sebuah teguran keras, dan para pejabat Israel jelas melihat upaya Hamas untuk mengakhiri perang sesuai dengan ketentuan mereka sebagai hal yang sangat tidak dapat diterima.

Pejabat senior Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa pernyataan PM Benjamin Netanyahu "adalah bentuk keberanian politik", dan menunjukkan bahwa ia berniat melanjutkan konflik di wilayah tersebut.

Sumber resmi Mesir mengatakan kepada BBC bahwa putaran baru perundingan, yang dimediasi oleh Mesir dan Qatar, diperkirakan masih akan dilanjutkan pada hari Kamis (8/2) di Kairo.

Mesir telah meminta semua pihak untuk menunjukkan fleksibilitas yang diperlukan untuk mencapai kesepakatan yang tenang, kata sumber itu.

Dan penolakan Netanyahu terhadap rencana "delusi" ini sangat kontras dengan pernyataan Qatar, yang menggambarkan tanggapan Hamas sebagai "positif".

Hamas mengajukan tawaran balasan terhadap proposal gencatan senjata pada hari Selasa (6/2).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Isi Proposal Gencatan Senjata Balasan Hamas

Adapun draf dokumen Hamas yang dilihat oleh kantor berita Reuters mencantumkan istilah-istilah berikut:

 

Fase pertama: Jeda pertempuran selama 45 hari, di mana semua sandera perempuan Israel, laki-laki di bawah 19 tahun, orang lanjut usia dan orang sakit akan ditukar dengan perempuan dan anak-anak Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel. Sementara pasukan Israel akan mundur dari wilayah berpenduduk Gaza, dan rekonstruksi rumah sakit serta kamp pengungsi akan dimulai.

Fase kedua: Sisa sandera laki-laki Israel akan ditukar dengan tahanan Palestina dan pasukan Israel meninggalkan Gaza sepenuhnya.

Fase ketiga: Kedua belah pihak akan bertukar sisa jenazah dan jasad lain. Kesepakatan yang diusulkan juga akan meningkatkan pengiriman makanan dan bantuan lainnya ke Gaza. Pada akhir jeda pertempuran selama 135 hari, Hamas mengatakan negosiasi untuk mengakhiri perang akan selesai.

 

Sekitar 1.300 orang tewas dalam serangan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober 2023.

Lebih dari 27.700 warga Palestina telah terbunuh dan setidaknya 65.000 orang terluka akibat perang yang dilancarkan Israel sebagai tanggapannya, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas.

 

3 dari 4 halaman

Pasukan Israel akan Didorong ke Rafah

PM Netanyahu juga mengkonfirmasi pada hari Rabu (7/2) bahwa pasukan Israel telah diperintahkan untuk bersiap beroperasi di Kota Rafah di Gaza selatan – tempat puluhan ribu warga Palestina melarikan diri untuk menghindari pertempuran.

Memperluas konflik hingga ke Rafah akan "secara eksponensial meningkatkan apa yang sudah menjadi mimpi buruk kemanusiaan" di kota tersebut, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memperingatkan.

"Kami takut akan invasi Rafah," kata seorang pengungsi di Penyeberangan Rafah, dekat perbatasan dengan Mesir, kepada BBC Arab. "Kami tidur dalam ketakutan dan duduk dalam ketakutan. Tidak ada makanan, dan cuaca dingin."

Komentar pemimpin Israel tersebut merupakan pukulan terhadap upaya berkelanjutan AS untuk mencapai kesepakatan yang digambarkan oleh diplomat utamanya, Antony Blinken, sebagai "jalan terbaik ke depan" – meskipun ia memperingatkan bahwa "masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan".

Selama konferensi pers pada hari Rabu ((6/2), Blinken mengatakan ada "beberapa hal yang jelas-jelas tidak dapat dimulai" dalam usulan balasan Hamas. Namun, dia menambahkan: "Kami pikir hal ini akan menciptakan ruang bagi tercapainya kesepakatan, dan kami akan berupaya mencapainya tanpa henti sampai kami mencapainya."

 

4 dari 4 halaman

Penolakan PM Hamas, Hukuman Mati Bagi Sandera

Sharone Lifshitz, yang orang tuanya termasuk di antara mereka yang diculik di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober dan dibawa ke Gaza, mengatakan kepada program Newshour BBC bahwa penolakan Netanyahu terhadap persyaratan gencatan senjata Hamas "hampir pasti merupakan hukuman mati bagi lebih banyak sandera".

Ibu Lifshitz yang berusia 85 tahun, Yocheved, dibebaskan tetapi ayahnya, Oded, masih ditahan.

"Ayah saya sendiri berusia 83 tahun, dia lemah, dia tidak bisa bertahan lebih lama lagi," ujar Sharone.

"Saya tidak tahu apakah perdana menteri memikirkan dia, atau apakah dia sudah menganggapnya sebagai seseorang yang akan kembali dalam peti mati."

Sikap PM Netanyahu juga menyoroti ketidaksesuaian mendasar yang terus berlanjut antara rencana AS dan Israel untuk masa depan Gaza. Dia bersikeras pada sebuah entitas di mana Israel mempertahankan kontrol keamanan secara keseluruhan, dan Gaza dijalankan oleh badan-badan lokal yang tidak memiliki hubungan dengan Hamas atau kelompok lain.

Visi masa depan Washington mencakup cakrawala negara Palestina.

Pertanyaan mendesaknya sekarang adalah apakah ada sesuatu yang bisa diselamatkan agar perundingan ini tetap berjalan guna mencapai pertukaran sandera dan tahanan lagi, dan jeda kemanusiaan yang sangat dibutuhkan, untuk memungkinkan lebih banyak bantuan masuk ke Jalur Gaza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.