Sukses

Harry Tak Temui Pangeran William Meski sedang Berada di Inggris, Perkuat Isu Keretakan?

Duke of Sussex mendarat di Bandara Heathrow London pada pukul 12.20 waktu setempat. Usai pertemuan singkat ini, ia langsung beranjak ke California.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Charles III dan Ratu Camilla pulang ke rumahnya yang ada di Sandringham dengan helikopter usai melakukan pertemuan singkat dengan Pangeran Harry yang rela terbang ke Inggris pada Selasa (6/2).

Raja Charles III meninggalkan rumah usai reuni singkat dengan Pangeran Harry, dikutip dari laman Independent.co.uk, Rabu (7/2/2024).

Duke of Sussex mendarat di Bandara Heathrow London pada pukul 12.20 waktu setempat. Usai pertemuan singkat ini, ia langsung beranjak ke California.

Menurut laporan, tidak ada rencana Pangeran Harry untuk bertemu saudaranya, Pangeran William. Meskipun saat itu ia sedang berada di Inggris.

Charles (75) secara pribadi menelepon Harry dan Pangeran William untuk memberi tahu mereka tentang diagnosisnya sebelum Istana Buckingham mengungkapkan berita tersebut pada Senin malam.

Raja Charles III (75) didiagnosis menderita penyakit kanker. Hal tersebut diumumkan Istana Buckingham.

Dikonfirmasi bahwa yang diderita oleh pemimpin Kerajaan Inggris itu bukan kanker prostat, namun ditemukan selama pengobatan yang dijalaninya baru-baru ini akibat pembesaran prostat.

Jenis kankernya belum terungkap, namun menurut pernyataan istana, Raja Charles III memulai perawatan rutin sebagai pasien rawat jalan pada Senin (5/2/2024). Demikian dilaporkan BBC, Selasa (6/2).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Raja Charles Tetap Bersikap Positif

Istana Buckingham mengatakan, "Raja tetap bersikap positif terhadap perlakuan yang diterimanya dan berharap dapat kembali menjalankan tugas publiknya sesegera mungkin."

Raja Charles III disebut akan menunda keterlibatan publiknya dan diharapkan para bangsawan senior lainnya akan mewakilinya selama perawatannya.

"Yang Mulia memilih membagikan diagnosisnya untuk mencegah spekulasi dan dengan harapan dapat membantu pemahaman publik bagi semua orang di seluruh dunia yang terkena dampak kanker," ungkap Istana Buckingham.

Tidak ada rincian lebih lanjut yang dibagikan mengenai stadium kanker atau prognosisnya.

3 dari 4 halaman

Tetap Berperan Sebagai Kepala Negara

Meskipun, Raja Charles III akan menghentikan acara-acara publiknya, namun Istana Buckingham mengonfirmasi bahwa suami dari Ratu Camilla itu akan melanjutkan peran konstitusionalnya sebagai kepala negara.

Ayah dari Pangeran William dan Pangeran Harry itu dilaporkan terlihat hadir dalam kebaktian gereja di Sandringham pada Minggu, di mana dia melambaikan tangan kepada orang banyak. Kini, sang raja telah kembali ke kediamannya di London.

Raja Charles III menjalani prosedur prostat di rumah sakit swasta di London lebih dari sepekan lalu.

Dia disebut memilih mengumumkan pengobatan prostatnya kepada masyarakat, dengan tujuan mendorong lebih banyak pria melakukan pemeriksaan prostat.

4 dari 4 halaman

Doa dari PM Sunak

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan seluruh negeri akan mendoakan yang terbaik bagi Raja Charles III.

"Semoga Yang Mulia segera pulih sepenuhnya. Saya yakin dia akan kembali ke kekuatan penuhnya dalam waktu singkat dan saya tahu seluruh negeri akan mendoakan yang terbaik untuknya," tulis Sunak di X alias Twitter.

Sementara itu, Pangeran Harry menurut informasi BBC telah berbicara dengan ayahnya tentang diagnosis kankernya dan akan melakukan perjalanan dari California ke Inggris untuk menemuinya dalam beberapa hari mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.