Sukses

Wanita di Turki Gugat Cerai Suami Gara-gara Jarang Mandi dan Gosok Gigi

Sang suami dilaporkan jarang mandi dan menggosok gigi hanya satu hingga dua kali dalam seminggu.

Liputan6.com, Ankara - Seorang wanita di Turki baru-baru ini menggugat suaminya hanya karena jarang mandi, bau keringat dan menggosok gigi satu hingga dua kali dalam seminggu.

Wanita yang diidentifikasi AY menggugat cerai suaminya, CY, dengan alasan kurangnya kebersihan diri.

Pengacara penggugat mengatakan kepada pengadilan Ankara bahwa tergugat mengenakan pakaian yang sama setidaknya selama lima hari berturut-turut, jarang mandi, dan selalu berbau keringat.

Para saksi didatangkan untuk mengonfirmasi klaim ini, termasuk kenalan dan bahkan beberapa rekan kerja sang suami. Mereka semua memberikan pernyataan sang istri, di mana pria tersebut memiliki kebersihan yang buruk.

Pengadilan pun menyetujui permohonan cerai wanita tersebut dan meminta sang suami untuk membayar 500.000 lira atau sekitar Rp260 juta sebagai kompensasi atas kerugian yang diderita pasangannya.

"Pasangan harus memenuhi tanggung jawab hidup bersama," kata pengacara AY, Senem Yılmazel, kepada media Turki Sabah, seperti dilansir Oddity Central, Kamis (1/2/2024). 

"Jika kehidupan bersama menjadi tidak tertahankan karena kelakuan, pihak lain berhak mengajukan gugatan cerai. Kita semua harus berhati-hati dalam hubungan antarmanusia! Oleh karena itu, kita harus memperhatikan perilaku dan kebersihan kita," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Perceraian

Dalam hukum perdata Turki, alasan perceraian yang diterima dibagi menjadi dua kategori – alasan khusus dan alasan umum – dan alasan umum mencakup semua alasan yang membuat hidup tidak tertahankan bagi salah satu atau kedua belah pihak.

Dalam kasus ini, kebersihan pribadi suami yang buruk dianggap sebagai alasan yang sah untuk bercerai oleh Pengadilan Negeri dan Mahkamah Agung, yang putusannya baru-baru ini bersifat final.

3 dari 4 halaman

Terbukti Jarang Mandi dan Gosok Gigi

Dokumen pengadilan menunjukkan bahwa menurut keterangan saksi, CY mandi paling banyak 7-10 hari sekali, dan hanya menggosok gigi seminggu sekali atau dua kali, membuat napasnya bau "tak tertahankan".

Menariknya, beberapa rekan kerja pria tersebut setuju untuk hadir sebagai saksi dalam kasus ini dan menyatakan bahwa bau badannya yang tidak sedap membuat rekan kerjanya terganggu.

4 dari 4 halaman

Kisah Perceraian karena Jarang Mandi

Rupanya, perceraian karena alasan unik tapi nyata ini bukan yang pertama terjadi. 

Pada tahun 2018, seorang pria Taiwan yang menceraikan istrinya karena istrinya hanya mandi setahun sekali.

Selain itu, pria di India juga memutuskan untuk menceraikan istrinya karena dia menolak untuk mandi setiap hari. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini