Sukses

Gubernur New Mexico Bill Richardson Resmi Umumkan Pencalonan Sebagai Presiden AS

Bill Richardson secara resmi mengumumkan pencalonannya ke Gedung Putih pada Senin (21/7).

Liputan6.com, Jakarta - Bill Richardson secara resmi mengumumkan pencalonannya ke Gedung Putih pada Senin (21/7).

Hal ini dianggap mengejutkan mengingat dia selalu berpartisipasi dalam perdebatan dan memiliki iklan kampanye tak biasa.

Dalam sebuah program, seorang pembawa acara bernama Luke memiliki sejumlah pertanyaan. Salah satunya apakah langkah tersebut dilakukan lantaran Bill hanya ingin mendapatkan perhatian?

Luke dalam programnya juga menelepon seorang mahasiswa bernama Seth Berliner untuk membicarakan artikel yang dia tulis tentang Bill Richardson.

Bicara soal Bill Richardson, ia suka menampilkan citranya sebagai seorang penunggang kuda yang membawa senjata di Wild West.

Ia adalah gubernur di New Mexico dari partai Demokrat yang juga memiliki sisi yang tidak setuju dengan kebijakan yang terlalu serius.

Hal ini terlihat jelas pada Mei 2007 ketika ia mengumumkan rencana iklim dan energi yang luas dan ambisius.

Menganggap dirinya sebagai “presiden energi”, ia kini menyerukan pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 90 persen pada tahun 2050, target energi terbarukan sebesar 50 persen pada tahun 2040, dan standar penghematan bahan bakar 50 mil per galon pada tahun 2020.

Tentu saja Richardson bukanlah pendatang baru dalam isu energi. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Energi pada akhir masa pemerintahan Clinton.

Bahkan secara agresif mendorong energi ramah lingkungan saat menjabat sebagai Gubernur New Mexico, Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.