Sukses

Pecahkan Rekor Dunia, Wanita Asal Polandia Berendam di dalam Kotak Berisi Es Lebih dari 3 Jam

Wanita asal Polandia berhasil memecahkan rekor dunia dari Guinness World Records sebagai wanita pertama yang berhasil berendam di dalam es dengan waktu terlama.

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita di Polandia berhasil memecahkan rekor dunia, menjadi wanita pertama di dunia yang sukses berendam dalam kotak berisi es batu dengan waktu terlama.

Dilansir laman resmi Guinness World Records, Sabtu (27/1/2024), Katarzyna Jakubowska (48) berhasil berendam dengan kondisi tubuh diselimuti es batu selama 3 jam 6 menit 45 detik. Rekor sebelumnya dipecahkan oleh Wim Hof yang meraih rekor kategori oleh pria asal Polandia juga bernama Krzysztof Gajewski dengan waktu 3 jam 11 menit 27 detik.

Katarzyna, yang bekerja sebagai desainer, mencoba tantangan ini untuk menguji dirinya sendiri dan mendorong semakin banyak perempuan untuk melakukan tantangan ini.

"Saya percaya bahwa kita memiliki kekuatan yang besar sebagai perempuan," katanya.

"Saya ingin menunjukkan kepada pribadi saya bahwa jika kita menginginkan sesuatu, kita bisa melakukannya."

Sebelum mencoba tantangan untuk memecahkan rekor dunia tersebut, Katarzyna menjalani berbagai tes kesehatan untuk memastikan bahwa tantangan tersebut tidak berdampak buruk pada kesehatannya.

Sebagai bagian dari persiapannya sebelum menjalani tantangan itu, Katarzyna melakukan latihan sebanyak tiga kali, di mana dia memantau fluktuasi suhu tubuhnya.

Persiapan lainnya termasuk perawatan seperti terapi oksigen hiperbarik dan pijat, serta self-hypnosis untuk memastikan dirinya selalu berpikir positif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Merasakan Sakit

Katarzyna mengatakan dia tidak merasakan sakit atau ketidaknyamanan apa pun selama upaya melakukan tantangan tersebut.

Bahkan, dia hampir tidak merasakan dingin sama sekali dan mengatakan, "Dingin bukanlah halangan bagi saya, saya dapat menemukan kehangatan di dalamnya."

"Saya bisa mengontrol apa yang saya alami dan kepala saya tahu kapan harus mengirimkan sinyal untuk lebih menggigil dan menjaga suhu tetap tinggi," jelasnya.

"Momen tersulit adalah ketika saya melihat para penonton ketakutan, di tengah waktu saya. Tadi saya memberi penjelasan kepada penonton kenapa badan saya gemetar, karena tidak semua orang memahaminya dan itu adalah proses yang normal," lanjut dia.

3 dari 4 halaman

Kondisi Tubuhnya Terus Dipantau

Sebagai pemenang kategori wanita di Kejuaraan Walrus Polandia 2023 – sebuah kompetisi di mana para peserta ditantang berdiri paling lama di dalam bak es – Katarzyna terbiasa mendorong tubuhnya menahan suhu ekstrem.

Untuk memastikan bahwa kondisinya selama melakukan tantangan, suhu tubuh dan kondisi kesadaran Katarzyna dipantau secara teratur untuk memastikan tubuhnya masih kuat untuk melanjutkan.

4 dari 4 halaman

Dorong Perempuan Lakukan Tantangan yang Sama

Katarzyna kini berencana untuk mencoba lebih banyak rekor dunia yang berhubungan dengan es dan membuktikan bahwa perempuan dapat mencapai tingkat yang sama atau bahkan lebih tinggi dibandingkan laki-laki.

"Saya seorang wanita biasa yang bermimpi menjadi pemegang rekor Guinness World Records dan ingin membuka jalan bagi orang lain," tutur dia.

"Saya berharap semua orang memiliki keberanian untuk tidak takut bermimpi dan mewujudkan impian itu!" imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini