Sukses

Heboh Menkominfo Budi Arie Ditunjuk Jadi Menlu Ad Interim, Begini Penjelasan Kemlu RI

Penunjukan menlu ad interim terjadi di tengah kabar 15 menteri mundur dari Kabinet Indonesia Maju, sehingga mengundang berbagai tanya dari masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi sebagai menteri luar negeri (menlu) ad interim selama Menlu Retno Marsudi melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.

Hal tersebut dikutip dari surat resmi tertanggal 19 Januari 2024 dan bertanda tangan Menteri Sekretaris Negara RI Pratikno.

Penunjukan menlu ad interim terjadi di tengah kabar 15 menteri mundur dari Kabinet Indonesia Maju, sehingga mengundang berbagai tanya dari masyarakat.

Terkait hal tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhammad Iqbal buka suara pada Senin (22/1).

"Penunjukan menteri (menlu) ad interim ini hal biasa dalam pemerintahan sejak dulu, saat menteri sedang tidak berada di Indonesia. Ibu menlu sendiri pernah menjadi menko polhukam ad interim," jelas Iqbal.

Lebih lanjut, Iqbal menjelaskan bahwa Menlu Retno saat ini sedang berada di New York, Amerika Serikat (AS), untuk menghadiri debat Dewan Keamanan (DK) PBB. Selain itu, Menlu Retno juga dijadwalkan melakukan pertemuan dengan beberapa menlu lainnya.

Menjawab pertanyaan kenapa bukan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI Pahala Mansury yang ditunjuk menggantikan Retno, Iqbal menuturkan, "Wamenlu saat ini sedang berada di Kampala mewakili Indonesia dalam pertemuan Gerakan Non Blok."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Debat DK PBB soal Gaza

Sebelumnya, melalui pesan singkat yang diterima awak media pada Jumat (19/1), Menlu Retno mengakui bahwa dirinya sedang mempersiapkan diri untuk menghadiri debat DK PBB.

"Saya saat ini sedang persiapkan debat di DK PBB mengenai Gaza ... Besok malam saya ke New York," tulis Menlu Retno Marsudi.

Lebih lanjut, Menlu Retno Marsudi mengatakan bahwa jadwalnya tengah sangat padat.

"Akhir bulan ada pertemuan menlu ASEAN ... Awal Februari pertemuan ASEAN-Uni Eropa," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Bantahan Menkominfo Budi Arie Setiadi

Menkominfo Budi Arie Setiadi telah membantah isu yang menyebutkan 15 menteri mundur dari kabinet Jokowi.

Dalam konferensi pers di Kantor Kominfo Jakarta, Jumat (19/1) Budi Arie mengatakan, Kabinet Indonesia Maju tetap solid.

"Tentang isu-isu yang beredar mundurnya menteri di pemerintahan Kabinet Indonesia Maju bahwa isu mundurnya menteri, ada 15 menteri lalu turun jadi lima menteri (yang akan mundur) itu adalah isu yang sama sekali tidak benar," kata Budi Arie.

"Pemerintah Jokowi-Maruf Amin tetap solid, seluruh menteri tetap fokus kerja. Saya berkomunikasi dengan Ibu Menlu Retno yang diisukan mau mundur, beliau sekarang sedang mempersiapkan untuk debat di DK PBB tentang Gaza."

Saat ditanya dari mana isu para menteri mundur ini beredar, Budi Arie menyebut mulanya itu merupakan pendapat seorang ekonom dan disampaikan ke media dan publik diminta percaya dengan opini tersebut.

"Itu opini, pendapat, bahwa 15 menteri mau mundur. Faktanya, saya cek satu-satu, menteri-menteri, semua membantah (isu mundur dari jabatan)," tegas Budi Arie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.